Berita » Kompetensi Pustakawan Mendukung Kinerja Pembangunan Pertanian

batam

Dalam rangka peningkatan pengelolaan perpustakaan UK/UPT lingkup Kementerian Pertanian, Pusat Perpustakaan dan Penyebaran Teknologi Pertanian (PUSTAKA) mengadakan Temu Teknis Pengelola Perpustakaan Lingkup Kementerian Pertanian di Batam. Kegiatan dilaksanakan selama empat hari, pada tanggal 10−14 April 2018 dan diikuti oleh 108 peserta dari berbagai UK/UPT seluruh eselon 1 lingkup Kementan. Tujuan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kompetensi pustakawan dan pengelola perpustakaan dalam mendukung kinerja pembangunan pertanian.

Materi-materi yang disajikan berkaitan dengan pengelolaan perpustakaan, peningkatkan kompetensi kerja para pustakawan dan pengelola perpustakaan, serta penulisan karya tulis ilmiah dan motivasi untuk pengembangan diri.

Kegiatan temu teknis ini merupakan agenda tahunan Pusat Perpustakaan dan Penyebaran Teknologi Pertanian sebagai instansi pembina perpustakaan lingkup Kementan. Kegiatan temu teknis dirangkaikan dengan studi banding ke perpustakaan yang dapat dijadikan percontohan dan juga meningkatkan wawasan serta inspirasi bagi para peserta. Studi banding dilakukan ke National Library Board (NLB) of Singapore. Secara tampilan fisik, NLB tidak berbeda jauh dengan Perpustakaan Nasional RI. Hanya saja, di NLB hampir semua layanan dilakukan secara digital, dan pemustaka melakukan sendiri semua kebutuhannya, seperti fotocopy dan lainnya. Penggunaan teknologi modern (digital), diharapkan dapat menginspirasi para pustakawan Indonesia yang sekarang dituntut untuk bergerak terus ke depan mengikuti arus perkembangan teknologi.

Foto bersama di National Library Board (NLB) of Singapore.

Foto bersama di National Library Board (NLB) of Singapore.

SIM