Berita » Kongres Nasional VI Sumber Daya Genetik

Kongres Nasional VI Sumber Daya Genetik (SDG) dengan tema “Pemanfaatan Sumber Daya Genetik Lokal sebagai Sumber Pertumbuhan Ekonomi Daerah” dilaksanakan di Bogor pada tanggal 18‒19 Oktober 2016. Tujuan kongres adalah untuk:

  1. Koordinasi kerja antar Komda (Komisionaris Daerah) SDG maupun antar Komda SDG dengan Komnas (Komisionaris Nasional) SDG
  2. Meningkatkan sinergi program antara pemerintah daerah, lembaga riset, dan perguruan tinggi dalam pemanfaatan SDG lokal untuk perakitan varietas unggul, dan
  3. Meningkatkan potensi pemanfaatan SDG lokal untuk kesejahteraan masyarakat dan mendorong roda ekonomi daerah.

Acara kongres dihadiri sekitar 150 peserta yang terdiri dari para peneliti, staf pengajar, Komda SDG, dan pemangku kepentingan dari berbagai lembaga yang terlibat dalam pengelolaan SDG, termasuk balai komoditas. Balitkabi diwakili oleh Prof. Dr. Astanto Kasno dan Ir. Trustinah, M.P.

Kongres dibuka oleh Ketua Komnas SDG (Ka Balitbangtan yang diwakili oleh Kapuslitnak). Materi kongres meliputi:

  1. Penetapan petani pelestari SDG tanaman
  2. Launching Sistem Informasi SDG
  3. Rencana aksi program pengelolaan keanekaragaman hayati 2015‒2019 oleh Deputi Bidang SDLH Bappenas
  4. Pelaksanaan program Komnas SDG
  5. Succes story pemanfaatan SDG lokal ayam KUB (Kampung Unggul Badan Litbang)
  6. Diskusi pembahasan tata hubungan Komnas SDG dengan Komda SDG, serta
  7. Penelitian untuk pemanfataan SDG lokal

Hingga tahun 2016 telah terbentuk 31 Komda SDG, 4 diantaranya tingkat kabupaten dan 27 tingkat provinsi. Namun, Jawa Timur tidak tampak memiliki Komda SDG secara eksekutif, Komda SDG dilakukan oleh BPTP di provinsi tersebut.

Komda bersifat independen dan bertanggungjawab pada Gubernur. Pengelolaan dan Pendayagunaan SDG pertanian di daerah merupakan kewajiban Komda, yang dalam hal ini dilakukan oleh BTTP setempat.

Delapan Komda mengusulkan 11 Petani Pelestari SDG, dan empat diantaranya terpilih sebagai “Petani Pelestari SDG Tanaman” yang telah berkontribusi dalam pelestarian tanaman langka (aneka obat dan aneka buah lokal).

Kongres ke VI Nasional Sumber Daya Genetik (SDG) juga menampilkan 39 makalah yang sebagian besar dari BPTP serta Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Bioteknologi dan Sumber Daya Genetik Pertanian.

Pemberian sertifikat Petani Pelestari SDG tanaman pada Kongres VI Sumber Daya Genetik.

Pemberian sertifikat Petani Pelestari SDG tanaman pada Kongres VI Sumber Daya Genetik.

AK/Trustinah