Berita » Kontribusi Peneliti Balitkabi Dalam Review and Planning Workshop III ACIAR Project – AH/2007/106

1-erllygntng-3

Kegiatan Review and Planning Workshop III ACIAR Project – AH/2007/106: Improvement and Sustainability of Sweetpotato-Pig Production Systems to Support Livehoods in Highland Papua and West Papua, Indonesia diselenggarakan di Makassar pada tanggal 29-31 Oktober 2012 dengan tema “Diversifying Village Agriculture to Improve Family Incomes and Health”. Kegiatan yang concern dengan peningkatan produksi ubijalar untuk pangan dan pakan di Papua dan Papua Barat ini merupakan proyek kerjasama ACIAR/SARDI (Australia) dengan Badan Litbang Pertanian/Kementerian Pertanian yang pelaksanaannya dikoordinir oleh BBP2TP melalui BPTP Papua dan BPTP Papua Barat. Kegiatan dipusatkan di Lembah Baliem, Kab. Puncak Jaya untuk provinsi Papua dan Minyambouw, Kab. Manokwari untuk Papua Barat. Dalam pelaksanaannya, proyek ini juga melibatkan peneliti dari Balitkabi, perguruan tinggi (Universitas Negeri Papua/Unipa, UGM, dan Universitas Udayana), CIP-Bogor, Balai Veteriner Maros, Dinas Pertanian dan Peternakan Provinsi dan Kabupaten, STPP Manokwari dan LSM World Vision Indonesia (WVI). Workshop dibuka secara resmi oleh Dr. Fadjri Djufry, Kepala BPTP Sulawesi Selatan dan dihadiri oleh Dr. Colin Cargill selaku Project Manager ACIAR/SARDI di Papua, Dr. Mike Nunn (mewakili ACIAR Canberra), Kepala BPTP Papua, Kepala BPTP Papua Barat, tiga anggota tim ACIAR dari University of Adelaide, Australia dan seluruh tim dari Indonesia.

Balitkabi (Dr. M. Jusuf) terlibat dalam kegiatan awal uji adaptasi 20 varietas/klon ubijalar (tahun 2010), yang terdiri atas koleksi Balitkabi, CIP, Unipa, dan varietas lokal. Dua varietas unggul Balitkabi, yakni Papua Pattipi dan Papua Salossa menunjukkan hasil umbi tertinggi di dua lokasi tersebut dan cukup disukai rasanya. Kedua varietas tersebut selanjutnya digunakan dalam kegiatan perbaikan teknologi budidaya ubijalar (tahun 2011 dan 2012) dan penyimpanan (tahun 2012). Peneliti Balitkabi (Ir. Erliana Ginting MSc) bekerjasama dengan peneliti dari Unipa, BPTP, dan CIP mengintroduksikan teknologi sederhana untuk penyimpanan umbi segar di tingkat petani. Hasil kegiatan ini disampaikan pada workshop tersebut dan mendapat apresiasi dari Dr. Colin. Teknologi yang keragaannya baik disarankan untuk diujicobakan lagi tahun depan dengan persiapan bahan dan tempat penyimpanan yang lebih memadai. Selain itu juga disampaikan hasil kegiatan tahun 2012 lainnya, yakni perbaikan pengelolaan ternak babi (kandang, pakan, identifikasi dan pengendalian penyakit), introduksi jenis tanaman dan ternak baru untuk pemberdayaan pekarangan dan demfarm/demplot pertanian terpadu di STPP Manokwari dan WVI Wamena.

Workshop juga membahas rencana kegiatan tahun 2013, yang meliputi pemantapan teknologi budidaya dan penyimpanan ubijalar, pembentukan pasar untuk komoditas pertanian dan ternak yang baru diintroduksikan, pengembangan demfarm/demplot, revisi booklet yang berisi informasi teknologi produksi dan pascapanen ubijalar, pengelolaan ternak babi, ayam, dan kelinci. Buku ini akan digunakan sebagai panduan untuk program pelatihan ToT (training of the trainer), FtF (farmer to farmer) dan FBS (farmer bussines school) dengan masing-masing anggota tim sebagai narasumber. Balitkabi akan berkontribusi dalam kegiatan sosialisasi dan pelatihan teknologi pascapanen tepat guna ubijalar dan pengolahannya menjadi beragam produk pangan kepada penyuluh pertanian dan petani/wanita tani dengan peralatan sederhana sehingga relatif mudah untuk diterapkan di dua lokasi tersebut. Di samping itu, juga dibicarakan mengenai rencana publikasi hasil kegiatan proyek ini, baik di publikasi nasional maupun internasional. Proyek kerjasama ini akan berakhir September 2014, sehingga semua kegiatan diharapkan sudah selesai sebelum batas waktu tersebut.

Dr. Colin Cargill selaku Project Manager ACIAR/SARDI di Papua dan Papua Barat menyampaikan paparannya  mengenai workplan untuk tahun 2013 (kiri) dan Peserta workshop mengikuti paparan Dr. Sukendra Mahalaya, peneliti dari CIP-Bogor(tengah); Peneliti dari Balitkabi, Ir. Erliana Ginting MSc sedang memimpin sidang sesi Introduksi     jenis tanaman dan ternak baru (kacang-kacangan, sayuran, strawberri, ayam dan kelinci) untuk pemberdayaan pekarangan(kanan).

Peserta workshop bersama dengan Dr. Graham Lyons, anggota tim ACIAR dari University of Adelaide, Australia (kiri) dan Foto bersama setelah penutupan workshop, see you in the next year workshop probably in Yogyakarta (kanan).