Berita ยป Koordinasi Peneliti, Perekayasa, Penyuluh, dan Pustakawan di Bandung

A_Bandung

Pada tanggal 1-3 Maret 2013, peneliti Balitkabi Malang (Prof.Dr. Nasir Saleh, Prof.Dr. Astanto Kasno, Ir. St.A. Rahayuningsih MS, Ir. Yudi Widodo MS, Ir. Trustinah MS, Drs. Bedjo MS, Ir. Suryantini, Ir. Apri Sulistyono, Ir. Purwantoro mengikuti acara Temu Koordinasi Peneliti, Perekayasa, Penyuluh, dan Pustakawan lingkup Badan Litbang Pertanian yang diselenggarakan di Ball-room Trans Hotel, Bandung. Pertemuan dihadiri 570 peserta yang terdiri atas peneliti, perekayasa, penyuluh, dan Pustakawan lingkup badan Litbang Pertanian. Pertemuan didahului Penandatangan MOU antara Badan Litbang Pertanian dengan Universitas Padjadjaran (UNPAD). Temu koordinasi dibuka secara resmi oleh Kepala Badan Litbang Pertanian (Dr. Haryono). Dr Dr. Haryono menyampaikan secara ringkas sejarah perkembangan Badan Litbang Pertanian hingga perkembangan pada kurva II. Juga disampaikan pentingnya koordinasi dalam meningkatkan efisiensi dan efektivitas penelitian dan diseminasi hasil-hasil penelitian.

Pada sidang utama disampaikan makalah: Managemen korporasi dalam Penelitian dan Pengembangan Inovasi oleh ibu Betti S. Alisyahbana yang mengulas tentang Tantangan korporasi masa kini, Kepemimpinan yang interpreunerial, managemen R &D dan Inovasi serta Membangun budaya inovasi, dilanjutkan makalah Ketua LIPI, Prof. Dr. Luqman Hakim, tentang: Kebijakan Pengembangan Karier dan Profesionalisme Peneliti yang membahas status/posisi R&D Indonesia dibanding R&D negara-negara Asia dan dunia lainnya. Prof. Luqman menegaskan pentingnya sains dan hasil-hasil penelitian sebagai basis dalam membangun Negara, termasuk kebijakan-kebijakan yang diambil. Dr. Erwidodo menyampaikan: Memaksimalkan manfaat WTO dalam Peningkatan Produksi dan Perdaganagan Produk Pertanian.

Suasana Temu Koordinasi Peneliti, Perekayasa, Penyuluh, dan Pustakawan di Bandung (kiri dan tengah) dan Malam keakraban, kreasi seni dan budaya (kanan)

Pada sidang Pleno I dibahas: Evaluasi dan Kesiapan Program dalam kurva-2 Litbang Pertanian (Prof.Dr. Irsal Las), Litkajibang-diklatluh-rap dan implementasi Managemen Korporasi (Dr. Agung) dan Status Pengembangan UPBS, laboratorium, KP, Perpustakaan Digital (Prof. Dr. Udin Nugraha). Pada sidang Pleno II dibahas topik inovasi unggulan yaitu: Pupuk hayati Unggulan Nasional (Prof. Dr. Djoko Said Damardjati), Aksi Lokal Menghadapi Perubahan iklim (Prof.Dr Fahmudin Agus), dan Kapasitas Adaptasi petani menghadapi Perubahan iklim (Dr. Sumaryanto).

Pada Sidang Kelompok I,II, III membahas Renstra Badan Litbang Pertanian 2015-2019 masing-masing dari aspek: Sumber daya lahan, Penelitian padi, dan Sosial ekonomi Pedesaan dengan moderator Prof.Dr. Irsal Las, Prof.Dr.Zulkifli Zaini dan Prof.Dr. Pancar Simatupang.

Pada hari ke II (Sabtu tanggal 2 Maret 2013) dilakukan trip ke Lembang dan Pengalengan, dan malamnya digelar Malam keakraban kreasi Seni dan Budaya. Pada hari ke III (Minggu 3 Maret 2013) dilakukan Ikrar Peneliti, Perekayasa, Penyuluh, dan Pustakawan disambung Pembacaan Perumusan Sementara oleh Ketua Panitia (Dr. Handewi P. Salim) dan ditutup secara resmi oleh Ka Badan Litbang Pertanian. Dalam sambutan penutupannya disampaikan kembali pentingnya managemen korporasi, dan tujuh managemen (Program, Sarana/prasarana, SDMN, Keuangan, waktu (time/timing/momentum), managemen mindset dan managemen konflik. Dipesankan agar pandai-pandai mengelola dan mengatasi konflik yang timbul dengan lebih membuka komunikasi, koordinasi, dan membentuk grup discussion.

Prof. Nasir/Pur