Berita » Koordinasi Sebagai Upaya Memantapkan Kinerja Pengawas Mutu Benih (PBT) Jawa Tengah

pbt

Balai  Pengawasan dan Sertifikasi  Benih (BPSB) merupakan institusi pemerintah yang memiliki tugas dan fungsi melakukan pengawasan dan sertifikasi benih bersertifikat dan berlabel yang diproduksi oleh produsen benih. PBT (Pengawas Benih Tanaman) memliki peran penting dalam melakukan fungsi pengawasan dan sertifikasi benih. Dalam rangka menyamakan persepsi dan analisis penyelesaian masalah perbenihan, BPSB Jawa Tengah melaksanakan Koordinasi Pengawasan Mutu Benih, 18 – 20 April 2018, di Hotel Sunan, Surakarta. Pertemuan diikuti oleh 63 PBT dan calon PBT yang ada di Jateng.

Disampaikan oleh Ir. Sri Rukmini, koordinasi tidak hanya memberikan pembekalan kepada seluruh PBT juga ditujukan untuk memantapkan calon PBT. Dengan demikian calon PBT bisa segera bekerja melakukan pengawasan dan sertifikasi benih. Pemulia kedelai Balitkabi (Muchlish Adie) hadir pada rapat koordinasi tersebut dengan menyampaikan paparan Teknik produksi benih kedelai dan Penanganan pascapanen benih kedelai.

pbt2

Dr. Muchlish Adie memaparkan Teknik Produksi Benih Kedelai dan Penanganan Pascapanen Benih Kedelai

Peserta sangat antusias dalam menyimak dan melakukan diskusi, baik yang terkait dengan regulasi perbenihan dan berbagai permasalahan di lapang. Berbagai hal yang disampaikan adalah hubungan antara ukuran biji kedelai dengan penanganan pascapanen, penanganan penyakit layu, pentingnya inokulasi rhizobium, manfaat pemberian penyemprotan herbisida pada pertanaman produksi benih kedelai menjelang panen. Bahkan banyak didiskusikan regulasi terbaru tentang varietas lokal kaitannya dengan kemurnian genetik dan proses sertifikasinya.

Pada akhir rapat koordinasi, Kepala Bagian Tata Usaha BPSB Jawa Tengah, Ir. Jarwo M.M., mengemukakan bahwa tahun 2018, Jateng mendapatkan target penyediaan benih kedelai yang cukup besar. PBT diminta berperan aktif mendukung program tersebut, dengan tetap mengacu kepada regulasi yang ada.

pbt1

Sesi foto bersama peserta dan pemateri

MMA