Berita ยป Koordinasi Sinergi PUI dalam Pengelolaan Sumber Daya Genetik Pertanian

Foto bersama peserta Koordinasi Sinergi PUI dalam SDG

Foto bersama peserta Koordinasi Sinergi PUI dalam SDG

Plasma Nutfah Tanaman atau Sumber Daya Genetik Pertanian (SDG-P) adalah materi genetik dari tanaman yang mempunyai nilai nyata atau potensial. SDG tanaman berkontribusi dalam kesejahteraan umat manusia terutama sebagai bahan sandang, pangan, papan, dan energi, selain bahan obat-obatan dan serat. Mengingat arti penting SDG, pemerintah menerbitkan Permentan No: 37/kpts./Ot.140/7/2011 yang bertujuan untuk memberikan kepastian dalam pelestarian dan pemanfaatan SDG serta menjamin keberlanjutan pembangunan pertanian. Di Indonesia, terdapat sejumlah institusi pengelola SDG-P sehingga dirasa perlu untuk menyelaraskan kegiatan pengelolaan dan pemanfaatannya dengan Balai Besar Penelitian Bioteknologi dan Sumberdaya Genetik Pertanian (BB Biogen) sebagai koordinator, sesuai tupoksi yang diembannya.
Pada tanggal 30 Juli 2019, BB Biogen mengundang mitra sinergi dalam acara Koordinasi Sinergi PUI dalam Pengelolaan SDG-P. Hadir dalam kegiatan tersebut pengelola SDG BB-Padi, Balitsereal, Balitbu, Balitsa, Balithi, Balittro, PIAT Bank gen UGM, PKT Kebun Raya, PKHT IPB, dan Balitkabi. Balitkabi diwakili oleh Dr. Novita Nugrahaehi selaku penanggungjawab SDG di balitkabi. Pertemuan koordinasi tersebut merupakan amanat dari Nota kesepahaman (MoU) yang telah ditandatangani. Balitkabi dan BB Biogen telah menandatangani MoU tentang Pelestarian dan Pemanfaatan Sumber Daya Genetik Pertanian Tanaman Aneka Kacang dan Umbi dalam kerangka sinergi lingkup lembaga PUI, pada 30 Oktober 2018 yang lalu. Penandatanganan MoU dimaksud, selain dengan Balitkabi, juga dilakukan dengan 10 lembaga pengelola SDG/PUI lainnya.

Koordinasi Sinergi Pui dalam Pengelolaan SDG-P. BBBiogen, 30 Juli 2019

Koordinasi Sinergi Pui dalam Pengelolaan SDG-P. BBBiogen, 30 Juli 2019

Pada saat Koordinasi disampaikan pengalaman dan kemajuan BB Biogen dalam pengelolaan serta pemanfaatan SDG oleh Tim BB Biogen yang dirangkum dalam topik (1) Pemuliaan SDG untuk Pemuliaan Non-konvensional: untuk pemuliaan in vitro (Dr. Iswari S. Dewi) dan untuk pemuliaan Molekuler (Dr. Joko Prasetiyono), (2) Sosialisasi Pedoman Koleksi Benih untuk Konservasi (Dr. Nurul Hidayatun), (3) Koordinasi Pengelolaan Data Base SDG (Hakim Kurniawan, M.P.), (4) Diskusi pemilihan materi SDG yang akan dikirim ke Bank Gen yang dipandu oleh (Dr. Nurul Hidayatun).
Peserta Koordinasi membahas peluang dan masalah kerja sama dalam bentuk penyimpanan materi SDG komoditi di Bank Gen Nasional yang berada di BB Biogen, juga berbagi pengalaman dan permasalahan yang dihadapi masing-masing lembaga dalam pengelolaan SDG, serta rencana tindak lanjut. Pada sesi penutupan, Kepala BB Biogen, Dr. Ir. Mastur, menyampaikan peluang-peluang menarik untuk bekerja sama atau bersinergi dalam pemanfaatan SDG untuk mendapatkan hasil yang lebih signifikan.

NN