Berita » Koordinasi Upsus PaJaLe Bulan Maret-April 2019 Provinsi Jawa Timur

 

koord1

Konsolidasi untuk pencapaian target dan percepatan tanam adalah upaya penting dalam mengevaluasi capaian target Luas Tambah Tanam (LTT) periode Oktober-Maret 2018/2019 dan percepatan LTT (luas tambah tanam) periode April-September 2019.

Balitkabi yang dipimpin oleh Ka. Balitkabi Dr. Yuliantoro Baliadi dan didampingi Dr. Andy Wijanarko dan Imam Sutrisno, S.P, M.M mengikuti rapat koordinasi Upsus Pajale di Hotel Grand Mercure Surabaya, 25 Maret 2019. Kegiatan ini dihadiri Dirjen TP-Kementan sekaligus Pj UPSUS PAJALE Dr. Ir. Gatot Irianto,MS., Direktur Keuangan Ditjen PSP Sri Kuntarsih, Sesditjen TP Bambang Pamuji dan Kadistan Provinsi Jatim Ir. Hadi S, seluruh Kabid. Tanaman Pangan dan Mantri Tani Provinsi Jatim, perwakilan dari Balitkabi dan BPTP Jatim. Koordinasi dilakukan untuk membedah capaian angka LTT Pajale periode Oktober 2018 – Februari 2019 dan pemenuhan target Maret 2019 untuk mengejar kekurangan LTT Nasional padi 1-25 Maret 2019 sebesar 110.000 ha. Provinsi Jatim seperti biasa menjadi tumpuan penyumbang angka untuk menutup kekurangan LTT Nasional.

  • image
  • image

Kegiatan dibuka dan dipimpin langsung oleh Dirjen TP-Kementan Dr. Ir.Gatot Irianto, MS. Disampaikan capaian LTT periode Oktober-Maret 2018/2019 menurun dibandingkan periode yang sama pada tahun sebelumnya, hal ini disebabkan kemunduran waktu tanam. Dikemukakan juga cara kerja dan penilaian saat ini sudah berubah yaitu pada periode terdahulu serapan dilaporkan di akhir tahun, tetapi diera sekarang kegiatan harus diselesaikan sesuai tahun anggaran.

Pada kesempatan berikutnya, Direktur Keuangan Ditjen PSP Sri Kuntarsih langsung memandu capaian target LTT bulan Maret 2019 dengan meminta laporan angka capaian LTT sampai akhir 31 Maret 2019 dari masing-masing Kabid TP tiap kabupaten diselingi canda Dr. Gatot pada saat para Kabid TP terlihat kurang bersemangat.

koord4

Sukses Upsus Pajale Nasional tidak lepas dari keberhasilan kinerja petani Jawa Timur sebagai sentra pangan utama Indonesia, dan semangat UPSUS Tiada Henti.

AW/YBD