Berita » Kp Ngale : Tetap Hijau di Musim Kemarau

1-kpngale-1

Akal panjang memang diperlukan untuk mengelola kebun percobaan. KP Ngale, satu dari lima KP di bawah  Balitkabi, berada di sisi barat Jatim yakni di Kabupaten Ngawi memiliki jenis tanah Vertisol, elevasi 70 m di atas permukaan laut dan beriklim C (4-5 bulan basah).  Secara teoritis, pada tengah musim kemarau seperti sekarang ini, tanahnya akan pecah-pecah dan curah hujan sangat berkurang.

Kenyataannya, KP Ngale tampil ijo royo-royo, dari 26 ha lahan, semuanya dimanfaatkan dengan tanaman kacang-kacangan, bahkan sebagian ditanami padi. Kiatnya menurut Ir. Suyamto, Kepala KP Ngale, mengoptimalkan satu pompa sumur air tanah dan empat pompa untuk menyedot air sungai yang masih tersisa airnya. Sebagai kepala KP, harus berupaya keras untuk mengoptimalkan pemanfaatan lahan yang ada, jangan sampai lahan terlihat kosong, tidak ditanami.

Kerja keras jajaran karyawan KP Ngale patut diacungi jempol.  Sejauh mata memandang, terlihat hamparan tanaman kedelai dan kacang hijau.  Perbanyakan FS kedelai, visitor plot aneka varietas kedelai, ditambah berbagai penelitian kedelai, semuanya memiliki keragaan optimal.  Demikian juga tanaman kacang hijau yang diperuntukkan untuk produksi benih sumber dan visitor plot aneka varietas kacang hijau. Bahkan beragam varietas kacang tunggak dan ubikayu ikut diperagakan.  Menurut Pak Suyamto, selain masalah air, gulma menjadi kendala tanaman kacang-kacangan di KP Ngale. Kiat menekan biaya penyiangan dilakukan dengan penggunaan herbisida dua kali sebelum tanam, sesaat setelah tanam dan terakhir pada saat tanaman berumur 15 hari.  Cara demikian efektif menekan biaya untuk penyiangan, dan keragaan tanaman menjadi lebih optimal.

Melalui koperasi karyawannya, KP Ngale juga berperan sebagai penyedia benih sumber untuk tanaman padi.  ”Permintaan varietas padi sangat dinamis antar-musim tanam, sangat berubah-ubah”, imbuh Pak Suyamto.  Tahun kemarin, permintaan benih Inpari 13 cukup tinggi.  Musim ini, ditanam varietas Inpari 4, karena permintaan petani cukup tinggi.

Secara bergiliran, Balitkabi setiap tahun melakukan temu lapang di KP.  Tahun 2011 dilakukan di KP Muneng.  Pada awal September 2012, akan dilakukan temu lapang di KP Ngale.  Even ini digelar sebagai upaya konkrit pengenalan dan optimalisasi kebun percobaan.

Wajah Kebun Percobaan (KP) Ngale

Tanaman kedelai, kacang hijau, dan padi tumbuh menghijau dan optimal padahal ini musim kemarau.