Berita » KRPL di Banjir Kanal Timur

Ubi Jalar dan Produk olahannya.

Dalam rangkaian acara “Tanam Pohon” yang dilaksanakan di Banjir Kanal Timur (BKT) Jakarta Timur Sabtu (1/12/2012), Ibu Negara Kristiani Herawati atau Ani Yudhoyono berkesempatan meninjau Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL) di Desa Malaksari, Duren Sawit, Jakarta Timur. Lokasi ini ini merupakan salah satu kawasan RPL binaan Badan Litbang Pertanian yang sangat dekat dengan BKT.

Rombongan mengawali kunjungan dengan meninjau display KRPL berupa berbagai tanaman dalam poly-bag dan pameran produk-produk hasil KRPL. Dalam pameran tersebut Balitkabi berkesempatan memperkenalkan umbi-umbian potensial (garut, ganyong, dan kimpul), varietas unggul baru ubi jalar serta produk-produk olahannya. Sebagian besar tanaman yang didisplay adalah tanaman milik warga binaan yang dibawa ke tempat pameran. Di antara display tersebut tampak tanaman kacang tunggak dan kedelai milik warga.

Ubi Jalar dan Produk  olahannya.

Kacang tunggak sumber protein potensial.

Acara Tanam Pohon ini diselenggarakan oleh Komunitas Gerakan Perempuan Tanam dan Pelihara (GPTP) yang beranggotakan Solidaritas Isteri Kabinet Indonesia Bersatu II (SIKIB) dan enam organisasi perempuan lainnya, sehingga cukup banyak tokoh gerakan perempuan yang hadir, termasuk istri Wapres Herawati, Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Linda Gumelar, dan Iriana yang merupakan istri Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi), serta para isteri Menteri.

Kegembiraan tampak sangat terpancar dari warga, ketikan Bu Ani berserta rombongan juga berkesempatan mengunjungi Kawasan RPL dan berbincang-bincang dengan warga di rumah-rumah yang dikunjungi. Dengan sangat fasih bu Ani bertanya bahkan menjelaskan soal pupuk kompos dari sampah dapur atau sisa sayuran.

Ibu Negara mengajak seluruh masyarakat termasuk kalangan pengusaha agar berpartisipasi dalam menghijaukan kawasan BKT serta meningkatkan kesadaran dalam menjaga kebersihan. “Tidak membuang sampah sembarangan ke BKT, buang sampah pada tempatnya,” tegasnya.