Berita » KRPL di KP Genteng

krpl-genteng1

KP Genteng, berlokasi di ujung Jawa Timur, di Kabupaten Banyuwangi, merupakan salah satu KP lingkup Balitkabi, yang potensial sebagai tempat penelitian dan produksi benih sumber.  Bahkan KP Genteng, dengan luas lahan sekitar 25 ha, melalui koperasinya, juga berperan sebagai penyedia benih sumber padi.

Gerakan KRPL di KP Genteng tidak diragukan.  Sejak Kepala Balitkabi mewajibkan seluruh KP lingkup Balitkabi memberdayakan pekarangan untuk pengembangan KRPL pada Mei 2011, KP Genteng telah bergerak cepat, memanfaatkan pekarangannya untuk KRPL. Kepala KP Genteng, Ir. Sumarno, melaporkan ke Kepala Balitkabi, pada saat Kepala Balitkabi saat melakukan kunjungan ke KP Genteng, 29 Januari 2012. Untuk memperkuat pelaksanaan KRPL, Imam Supangat ditunjuk sebagai koordinator. Hasilnya memang tidak sia-sia, aneka sayur dan telur ayam telah dimanfaatkan oleh karyawan KP Genteng.

Tahun 2012, pengembangan KRPL diperluas ke seluruh halaman kantor.  Aneka sayur: kangkung, lombok, kubis, terong, tomat, ketimun, dan brokoli; sebagian telah ditanam dan yang lainnya sudah disiapkan untuk ditanam di bedengan.   Kandang ayam dan kandang angsa yang dibangun di atas kolam ikan, dikombinasikan dengan penanaman lombok, merupakan contoh pemanfaatan lahan yang terbatas. “Protein dari telur, sayuran dipetik dari pekarangan”, urai Pak Sumarno.  KRPL, selain menyokong perekonomian keluarga, ternyata mampu menjadi media hiburan bagi ibu-ibu, karena mereka dapat memetik sendiri sayuran di halaman.  Di halaman samping KP, Pak Marno juga membangun musholla, sebagai upaya  memperasri halaman.

Kepala Balitkabi memberikan himbauan agar di rumah karyawan KP Genteng juga dibuat KRPL, sehingga kebutuhan sayur dapat terpenuhi dari halaman, tidak harus membeli, bahkan jika berlebih bisa disedekahkan kepada tetangga.

Wajah depan KP Genteng di Banyuwangi
Halaman rumah Ka KP dimanfaatkan untuk KRPL
Kombinasi kolam, ternak, dan sayuran memperkaya pasokan gizi keluarga

MMA