Berita » Kunjungan Alef– Tav Kanada

Kedelai merupakan komoditas industri yang di beberapa negara sentra produksi kedelai bernilai ekonomi tinggi. Pada tanggal 3 Oktober 2016, Balitkabi menerima kunjungan dari Alef – Tav International Inc, Kanada, berjumlah empat orang, dipimpin oleh Chief Executive Officer. Penerima kunjungan adalah Prof. Dr. Arief Harsono, Dr. M. Muchlish Adie dan Nur Chasanah.

Alef – Tav berkeinginan untuk ikut serta mengembangkan kedelai di Indonesia. Salah satu programnya adalah rencana mengintroduksi beberapa galur harapan dari Kanada dan India untuk dinilai daya adaptasinya di Indonesia. Program selanjutnya, akan membangun industri berbahan baku kedelai.

Pada pertemuan tersebut disampaikan program penelitian kedelai di Balitkabi. Termasuk saran-saran tentang proses pengujian, tatacara pelepasan varietas serta perlindungan hukum terhadap kepemilikan dan inventor.

Banyak didiskusikan adalah peluang pengembangan kedelai di Indonesia, karakteristik varietas yang diinginkan, areal pengembangan, upaya efisiensi usahatani kedelai serta sistem perlindungan kekayaan intelektual di Indonesia. Juga dilakukan kunjungan ke UPBS untuk melihat tatacara penyiapan dan proses produksi benih.

4-10-16

4-10-16b