Berita ยป Kunjungan Distanbunhut Bandung Barat

bandung

Balitkabi sebagai salah satu UPT Balitbangtan selalu mengedepankan pelayanan prima terhadap seluruh stakeholders. Dinas Pertanian, Perkebunan dan Kehutanan (Distanbunhut) Kabupaten Bandung Barat, 4 Desember 2014, melakukan studi banding ke Balitkabi dalam rangka penyusunan Rencana Induk Pengembangan Pertanian (RIPP) Kabupaten Bandung Barat. Kunjungan diterima oleh Prof. Dr. Subandi, Prof. Nasir Saleh, Dr. A. A. Rahmianna dan Dr. Muchlish Adie di Aula Balitkabi. Tujuan kunjungan dari Distanbunhut Kabupaten Bandung Barat yang berjumlah 8 orang, dalam rangka mendapatkan masukan dan pengayaan substansi terhadap draft RIPP yang sedang disusun, bahkan peluang kerja sama pengembangan komoditas akabi di Bandung Barat. Diskusi diawali dengan pemaparan profil dan kinerja Balitkabi, pengalaman menyiapkan dan menyusun Renstra Balitkabi, dan implementasi Renstra pada operasionalisasi penelitian.

Topografi Bandung Barat dan posisi Bandung Barat yang berada di tengah-tengah industri serta berdekatan dengan perkotaan, peluang pengembangan komoditas akabi cukup prospektif. Apalagi keinginan pemerintah setempat untuk menjadikan Bandung Barat sebagai kabupaten agroindustri, maka dalam RIPP perlu penguatan disisi pemanfaatan komoditas akabi sebagai peningkat pendapatan masyarakat melalui produk olahan, optimalisasi lahan berkelanjutan (lahan terlantar, perkebunaan dsbnya), dan kemandirian benih sumber. Berbagai kinerja yang telah dicapai oleh Balitkabi, pemerintah Bandung Barat berkeinginan untuk melakukan studi banding dari pelaku pertanian dan melakukan kerjasama pengembangan komoditas akabi.

Sebelum mengakhiri kunjungan, dilakukan kunjungan terhadap fasilitas UPBS Balitkabi yang telah menerapkan Sistem Manajemen Mutu ISO 9011:2008.

MMA