Berita » Kunjungan DPRD Kabupaten Sampang ke Balitkabi

Dalam upaya mendapatkan referensi tentang inovasi aneka kacang dan umbi (akabi), Komisi II DPRD Kabupaten Sampang mengunjungi Balitkabi pada 2 Desember 2021. Kunjungan dipimpin oleh Ketua Komisi II (Moh. Fathur Rosi), disertai empat anggota DPRD Komisi II dan staf sekretariat DPRD.

Kepala Balitkabi (kiri) dan Wakil Ketua Komisi II DPRD Kabupaten Sampang

Kepala Balitkabi (kiri) dan Wakil Ketua Komisi II DPRD Kabupaten Sampang

Kunjungan diterima oleh Kepala Balitkabi, Dr. Ir. Titik Sundari, M.P., didampingi oleh Dr. M. Muchlish Adie, Ir. Trustinah, M.P., dan Dr. Ayda Krisnawati. Pada paparan tentang profil Balitkabi, disampaikan bahwa Balitkabi merupakan UPT Balitbangtan yang wilayahnya nasional dengan cakupan komoditas aneka kacang dan umbi (akabi).

Wakil Ketua Komisi II menyampaikan maksud kunjungan ke Balitkabi, yaitu untuk mendapatkan informasi inovasi terkini yang dapat diselaraskan dengan permasalahan pertanian di Kabupaten Sampang. Disampaikan lebih lanjut bahwa agroekosistem dominan Sampang adalah lahan kering.

berita-21122-dprdsampang-b

Selain padi, komoditas kedelai, kacang hijau, kacang tanah, dan umbi-umbian merupakan komoditas yang dibudidayakan di Sampang dengan produktivitas yang masih rendah. Di sinilah dimintakan inovasi yang mampu mendongkrak produktivitas, termasuk bagaimana penanganan pasca panennya.

Dipertegas oleh Anggota DPRD Komisi II yang lain, bahwa sudah ada regulasi unggulan daerah, termasuk sudah dipetakan pengembangan komoditasnya, termasuk kedelai. Namun, produktivitas akabi beberapa tahun terakhir terus menurun, sehingga dipertanyakan juga tentang potensi pengembangan kedelai hitam di Sampang.

Lebih lanjut disampaikan bahwa daerah Sampang kaya akan umbi potensial, juga beberapa saat terakhir komoditas porang mulai dilirik oleh petani. Dulu, Sampang sentra kedelai juga, 2-3 tahun terakhir, namun luas arealnya terus menurun.

Penyerahan publikasi Balitkabi ke Komisi II DPRD Kabupaten Sampang

Penyerahan publikasi Balitkabi ke Komisi II DPRD Kabupaten Sampang

Di akhir pertemuan di Aula Balitkabi, disampaikan bahwa salah satu program adalah menetapkan Sampang sebagai lumbung kacang hijau. Diperlukan dukungan Balitkabi, dari sisi inovasinya.

Dalam agenda kunjungan ke UPBS Balitkabi, anggota DPRD Komisi II mengapresiasi UPBS atas kemampuannya sebagai penyedia benih ke seluruh Indonesia.

berita-21122-dprdsampang-c

“Kalau begitu, Februari atau Maret, saya akan berkunjung ke Balitkabi lagi beserta Dinas Pertanian Sampang untuk mengkonkritkan program pengembangan akabi di Sampang,” pungkas Wakil Ketua Komisi II.

AK