Berita » Kunjungan Kelompok Tani Gemah Ripah ke Balitkabi

Kunjungan Poktan Gemah Ripah ke Balitkabi

Kunjungan Poktan Gemah Ripah ke Balitkabi

Kabupaten Nganjuk, Provinsi Jawa Timur, dikenal tidak hanya sebagai lumbung bawang merah, namun juga menjadi sentra kedelai, tentu juga selain menjadi penghasil beras. Tanggal 7 April 2021, Kelompok Tani Gemah Ripah, yang berjumlah 7 orang berkunjung ke Balitkabi, diterima langsung oleh Sub Koordinator Substansi Jasa Penelitian Balitkabi (B.S. Koentjoro, S.P., M.Kom.), didampingi oleh pemulia kedelai dan pengelola UPBS Balitbangtan di Balitkabi.

Agus Siswanto yang menjadi Ketua Kelompok Tani Gemah Ripah, yang berlokasi di Desa Banaran Wetan, Kecamatan Bagor, Kabupaten Nganjuk, menyampaikan terima kasih yang selama ini dijadikan mitra oleh Balitkabi dalam memproduksi benih kedelai, pelaksanaan penelitian bahkan juga untuk informasi atau wawancara tentang usahatani kedelai. Kunjungan saat ini adalah ingin melihat langsung kantor Balitkabi dan cara memproduksi benih kedelai yang ada di gudang, urai Agus lebih lanjut. Kuncoro menyambut baik kunjungan ini, sebagai umpan balik kepada Balitkabi, kemitraan terus dipertahankan bahkan ditingkatkan; juga disampaikan beberapa publikasi tentang petunjuk teknis budidaya aneka kacang dan umbi.

Wakil Direktur UPBS, Ir. Trustinah, MS., mengajaknya berdiskusi proses produksi benih bermutu tinggi yang dilakukan oleh UPBS Balitkabi. Juga dijelaskan penanganan pascapanen benih kedelai yang merupakan tahapan kegiatan yang dimulai sejak pemanenan sampai disimpan dan dipasarkan. Penanganan pascapanen benih kedelai bertujuan untuk menjaga viabilitas benih kedelai, dan mengurangi kehilangan hasil pada semua proses kegiatan yang dilakukan (panen, pengeringan, perontokan, dan penyimpanan).

Di akhir kunjungan, diajak langsung melihat proses produksi benih di gudang dan melihat keragaan tanaman di lapang.

SW/Arifin

nganjuk2 nganjuk3 nganjuk4
Kunjungan di ruang prosesing benih dan kunjungan lapang.