Berita » Kunjungan Kerja Kepala Balitbangtan di IP2TP Muneng

Kunker Kepala Balitbangtan didampingi Kepala Puslitbangtan di IP2TP Muneng

Kunker Kepala Balitbangtan didampingi Kepala Puslitbangtan di IP2TP Muneng

Melengkapi kunjungan kerjanya di Jawa Timur, Bapak Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan), Dr. Ir. Fadjry Djufry, M.Si, didampingi Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan Tanaman Pangan (Puslitbangtan), Dr. Ir. Priatna Sasmita, M.Si mengunjungi IP2TP Muneng pada hari Selasa tanggal 16 Februari 2021. Kehadiran kedua petinggi lingkup Balitbangtan ini diterima oleh Kepala Balitkabi, Dr. Ir. Titik Sundari, M.P., didampingi peneliti (Ir. Joko S. Utomo, M.P., Ph.D., dan Dr. Ir. Agustina Asri Rahmianna), dan Koordinator IP2TP Muneng (Sri Ayu Dwi Lestari, S.P., M.Si.). Pada kesempatan tersebut, Kepala Balitbangtan dan rombongan berkeliling untuk melihat fasilitas yang ada, dan yang saat ini sedang dalam tahap pembangunan. Seperti diketahui, bahwa jalan tol antara Kabupaten Pasuruan dan Kabupaten Probolinggo melintasi lahan IP2TP Muneng, sehingga diperoleh kompensasi, baik berupa bangunan perkantoran dan fasilitasnya serta lahan penelitian.

Saat ini, pembangunan kawasan perkantoran dan pemantapan lahan penelitian sudah mendekati tahap akhir yang direncanakan selesai pada akhir bulan Maret 2021. Dengan dana kompensasi ini, IP2TP Muneng memiliki gedung perkantoran, gudang prosesing, ruang dingin penyimpan benih, mini lab, bengkel, lantai jemur, mess, guest house, rumah dinas koordinator IP2TP, dan rumah dinas peneliti yang berada di lahan seluas 2,2 hektar. Semua lengkap fasilitasnya. Demikian juga dengan lahan penelitian seluas 20,5 hektar yang dilengkapi dengan empat buah rumah kaca, AWS, dan fasilitas pengairan lengkap.

Beliau mengapresiasi bangunan dan fasilitas yang ada, yang menurut beliau sangat berbeda dari IP2TP pada umumnya, dan sangat layak untuk dijadikan kantor Balitkabi kedua. Selain itu, berbasis agroekosistem yang spesifik dan ditunjang dengan fasilitas yang ada, beliau menyarankan agar IP2TP Muneng dijadikan kawasan yang menangani komoditas aneka kacang dan umbi yang spesifik.  Oleh karena itu, perlu menempatkan sebagian peneliti Balitkabi ke IP2TP Muneng untuk dapat memaksimalkan pemanfaatan fasilitas dan sarana penelitian yang ada.

TS/AAR/JSU

muneng1 muneng2
muneng3 muneng4
Kepala Balitbangtan didampingi rombongan mengunjungi beberapa fasilitas IP2TP Muneng