Berita ยป Kunjungan Komisi B DPRD Kota Malang ke Balitkabi

Komisi B yang membidangi Perekonomian dan Keuangan dari Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Malang, Senin 21 Maret 2022 melakukan kunjungan kerja ke Balai Penelitian Tanaman Aneka Kacang dan Umbi (Balitkabi).

Kunjungan dipimpin oleh Ketua Komisi B, Trio Agus Purwono S.TP., disertai sembilan anggota komisi B lainnya serta dua staf dari Sekretariat DPRD. Tujuan kunjungan adalah memahami peran dan fungsi Balitkabi dalam mendukung program ketahanan pangan di Kota Malang.

berita-220321-kunjungandprdmalang-a

Bambang Sri Koentjoro, S.P., M.Kom. memaparkan profil Balitkabi yang di dalamnya terdapat terdapat informasi hasil kerja riset dari Balitkabi. Ketua Komisi B sangat mengharapkan adanya hal yang dapat diraih dan disinergikan dengan Kota Malang, termasuk urban farming.

Sub Koordinator Substansi Jasa Penelitian Balitkabi (kiri) dan Ketua Komisi B DPRD Kota Malang (kanan)

Sub Koordinator Substansi Jasa Penelitian Balitkabi (kiri) dan Ketua Komisi B DPRD Kota Malang (kanan)

Diskusi menjadi menarik ketika mengarah pada kemungkinan zonasi pertanian yang memiliki nilai ekonomi tinggi, namun disisi lain Kota Malang minim lahan pertanian. Dalam diskusi juga dipertanyakan terhadap kemungkinan terjadinya kepemilikan ganda terhadap varietas atau paten, termasuk kemungkinan kerjasama Balitkabi dengan UMKM yang ada di Kota Malang.

Jajaran peneliti Balitkabi yang ikut hadir pada pertemuan tersebut menyampaikan bahwa urban farming tidak hanya diartikan sebagai on-farm, namun juga bisa diposisikan off-farm, contohnya penguatan terhadap produk olahan, pemanfaatan UMKM, dan sebagainya. Juga disampaikan jika ruang terbuka yang ada di setiap rukun tetangga (RT) dimanfaatkan untuk berbagai tanaman, tentu memiliki peluang besar yang bernilai ekonomi.

berita-220321-kunjungandprdmalang-b

Bahkan dikemukakan juga bahwa urban farming jangan hanya diartikan sebagai sumber pendapatan ekonomi, namun bisa juga sebagai sumber pendapatan batin, kepuasan, untuk meningkatkan imunitas masyarakat.

Di akhir kunjungan, Koentjoro menyampaikan bahwa Balitkabi siap bekerja sama dengan Komisi B DPRD Kota Malang.

AK/DSB