Berita ยป Kunjungan Lapang Peserta Raker Terpadu Empat Puslitbang Komoditas

dsc_2231

Kunjungan ke IP2TP Muneng

Sebelum pelaksanaan rapat kerja (raker) terpadu gabungan empat Puslitbang (Puslitbang Tanaman pangan, Puslitbang Tanaman Hortikultura, Puslitbang Ternak dan Puslitbang Tanaman Perkebunan) hari Rabu pagi tanggal 3 April 2019 peserta raker diajak berkunjung ke beberapa kebun percobaan yaitu IP2TP Balitkabi yang berada di Muneng atau sebelumnya disebut sebagai Kebun Percobaan (KP) Muneng (Probolinggo), KP Banjarsari (Probolinggo), Loka Sapi Potong Grati (Pasuruan), dan Balai Penelitian Tanaman Pemanis dan Serat (Malang).

Tanam perdana kacang tanah Hypoma 1

Tanam perdana kacang tanah Hypoma 1

Saat berkunjung IP2TP di Muneng, Kepala Balitkabi Dr. Yuliantoro Baliadi menjelaskan fasilitas yang sudah dibangun dan sangat memadai untuk melakukan kegiatan penelitian beserta guest house dengan daya tampung sekitar 100 orang. Kunjungan dilanjutkan dengan tanam perdana kacang tanah varietas Hypoma 1 dalam rangka acara Pekan Kabi Nasional yang direncanakan dilaksanakan akhir bulan Juni 2019, serta tanam bibit mangga di kebun sebelah IP2TP Muneng yang merupakan salah satu lahan Kebun Percobaan Cukur Gondang.

tanam perdana pohon mangga

tanam perdana pohon mangga

Dr. Fadjry Djufry selaku Kepala Balitbangtan menyatakan bahwa IP2TP Muneng bukan sekelas Kebun Percobaan tetapi lebih cocok sebagai Balitkabi II, karena memiliki fasilitas yang sudah sangat bagus dan harus dapat dimanfaatkan sebaik mungkin. Lahan di IP2TP Muneng ini sangat cocok untuk budidaya komoditas kedelai dan komoditas aneka kacang dan umbi lainnya. Sehingga diharapkan dapat memberikan output seperti yang diharapkan. Tempat ini akan menjadi kantor yang besar dengan fasilitas pendukung yang sudah lengkap dan bagus serta diharapkan bisa menjadi balai nasional.

dsc_2277

Petik buah lengkeng di KP Banjarsari

Di Kebun Percobaan Banjarsari yang merupakan salah satu Kebun Percobaan Balai Penelitian Tanaman Jeruk dan Subtropika, Dr. Fadjry berkesempatan untuk memanen buah lengkeng atau kelengkeng dari salah satu calon varietas lengkeng yang memiliki rasa sangat manis, dilanjutkan keliling kebun untuk melihat kebun koleksi. Di samping koleksi lengkeng dan jeruk dataran rendah, KP Banjarsari juga memiliki koleksi buah anggur paling lengkap di Indonesia. Kita harus bisa meningkatkan konsumsi buah lokal yang sangat beragam karena banyak memiliki kelebihan, sehingga diharapkan dapat menurunkan konsumsi buah impor.

kunjungan di Lolit Sapo Grati

kunjungan di Lolit Sapo Grati

Dari KP Banjarsari, peserta raker diajak menuju Loka Sapi Potong yang terletak di Grati Pasuruan. Di sini peserta raker mendapat suguhan steak dengan bahan baku daging sapi jenis lokal dengan rasa steak yang istimewa. Di Loka Sapo Grati, Kepala Balitbangtan berkesempatan untuk memberi nama sapi unggul baru yang merupakan hasil persilangan antara sapi Peranakan Ongol dengan Belgian Blue melalui inseminasi buatan (IB) yang lahir pada tanggal 8 Maret 2019 dengan nama POBB (Peranakan Ongol-Belgian Blue).

dsc_2357

Peresmian Laboratorium Terpadu di Balittas

Kunjungan diakhiri dengan peresmian Laboratorium Terpadu di Balai Penelitian Tanaman Pemanis dan Serat di Karangploso Malang. Dr. Fadjry menyatakan bahwa laboratorium yang berkelas akan menghasilkan penelitian yang berkelas serta menggambarkan SDM yang berkelas pula. Harapan ke depan akan melahirkan inovasi Balitbangtan yang semakin baik dan bermanfaat sebesar-besarnya untuk petani.

Peresmian Laboratorium Terpadu di Balittas

Peresmian Laboratorium Terpadu di Balittas

KN