Berita ยป Kunjungan Menteri Pertanian di Balitbangtan Balitkabi

Kunjungan Menteri Pertanian RI dan Kepala Balitbangtan ke UPBS Balitkabi

Kunjungan Menteri Pertanian RI dan Kepala Balitbangtan ke UPBS Balitkabi

Menteri Pertanian Republik Indonesia, Dr. H. Syahrul Yasin Limpo, S.H, M.Si., M.H., tanggal 28 April 2021, berkenan mengunjungi salah satu Unit Pelaksana Teknis (UPT) dari Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) di Malang, yaitu Balai Penelitian Tanaman Aneka Kacang dan Umbi (Balitkabi). Kunjungan ke Balitkabi, selain didampingi oleh Kepala Balitbangtan, Dr. Ir. Fadjry Djufry, M.Si., juga diikuti oleh Dirjen Tanaman Pangan, Dirjen Perkebunan, Dirjen Peternakan dan Kesehatan Hewan, Kepala Badan Karantina Pertanian, serta Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan Tanaman Pangan.

Kunjungan Mentan SYL difokuskan kepada kesiapan Balitbangtan dalam mendukung peningkatan produktivitas tanaman pangan dari sisi logistik perbenihannya. Kepala Balitbangtan menyampaikan bahwa jajaran Balitbangtan selalu siap mendukung pencapaian target-target Kementan, khususnya dibidang tanaman pangan, yang salah satunya ditempuh dengan penguatan logistik benih yang berkualitas. Saat mengunjungi Unit Pengelolaan Benih Sumber (UPBS) Balitbangtan Balitkabi, Mentan SYL menyampaikan bahwa mengurus pertanian identik dengan mengurus lapangan, setiap daerah, setiap pulau memiliki karakteristik yang berbeda. Dinamika akan terus berkembang, dan Kementan selalu siap dengan berbagai perubahan tersebut. Demikian juga yang terkait dengan ketersediaan 12 komoditas pangan dasar, Presiden RI telah mengamanahkan agar benar-benar tersedia dan terkendali dengan baik, terutama di bulan Ramadhan ini, yang menjadi peak season kebutuhan. Intervensi Kementan dalam menjaga kestabilan bahan pangan dasar tersebut, disampaikan oleh Menteri SYL, adalah memperlancar distribusi, mendekatkan distribusi dari daerah produsen ke daerah defisit, dan melakukan operasi pasar (apabila diperlukan).

Kunjungan Mentan SYL ke setiap sudut kegiatan UPBS memberikan arti yang mendalam kepada jajaran Balitbangtan Balitkabi. Dipandu oleh Kepala Balitkabi, Dr. Ir. Titik Sundari, M.P., disampaikan secara gamblang dan terukur, bahwa logistik benih aneka kacang yang ada di UPBS Balitbangtan Balitkabi, khususnya kedelai, berada dalam kondisi mencukupi untuk mendukung peningkatan produksi kedelai nasional. Sekali lagi Mentan SYL terkesan dengan pengelolaan benih di Balitkabi.

Mengakhiri kunjungannya di UPBS, Mentan SYL menyapa dan berdialog dengan pekerja sortir benih. Keakraban Mentan SYL yang perlu diapresiasi dan pasti memberikan kesan mendalam.

AK

mntan2 mentan3
mentan4 mentan5
mentan6 mentan6
mentan7 mentan8
Mentan SYL meninjau inotek perbenihan akabi