Berita ยป Kunjungan PT. BISI International Tbk ke Balitkabi

Balitkabi yang memiliki tupoksi komoditas aneka kacang dan umbi menjadi daya tarik bagi PT. BISI International Tbk untuk mendalami potensi komoditas tersebut. Jumat 28 Januari 2022, Ir. Mulyantoro, MP., PhD. (Assistant Vice President of Horticulture R&D) bersama Budi Santoso, S.P. (Assistant Manager of Eggplant & Lowland Miscellaneous Breeding) berdiskusi dengan Sub Koordinator Substansi Jasa Penelitian Bambang Sri Koentjoro, S.P., M.Kom. dan pemulia kedelai Dr. Ayda Krisnawati di Ruang Pertemuan Balitkabi.

Diskusi tentang potensi aneka kacang

Diskusi tentang potensi aneka kacang

Disampaikan oleh Mulyantoro bahwa maksud kunjungannya adalah untuk menggali informasi tentang potensi aneka kacang yang memiliki kandungan protein tinggi, adaptasi luas, dan yang terpenting mudah dibudidayakan oleh petani.

Lebih lanjut disampaikan juga bahwa saat ini PT. BISI International Tbk juga mengembangkan pakan ternak yang sumber proteinnya dari kedelai yang didatangkan dari luar negeri. Idenya, kenapa tidak menggunakan sumber protein domestik, atau dari aneka kacang yang ada di Indonesia.

Kuncoro menjelaskan bahwa Balitkabi telah banyak melepas varietas kedelai yang proteinnya tinggi sekitar 40%. Demikian juga dijelaskan lebih lanjut oleh Ayda, pilihan varietas kedelai dari sisi kandungan gizi yang beragam.

Selain itu, juga terdapat komoditas aneka kacang seperti kacang tunggak, kacang komak, koro pedang, dan sebagainya yang potensial sebagai sumber pakan. Mulyantoro menginformasikan bahwa koro pedang sebetulnya memiliki kandungan protein cukup tinggi.

Kunjungan ke UPBS Balitkabi diperkenalkan tentang sarana prasarana perbenihan yang dimiliki Balitkabi. Selanjutnya juga diberikan beberapa varietas kedelai untuk dilakukan kajian lebih lanjut di PT. BISI International Tbk. Pada akhir kunjungan, Mulyantoro menyampaikan bahwa PT. BISI International Tbk berkeinginan bekerjasama dengan Balitkabi untuk mendalami potensi aneka kacang yang berprospek untuk pakan ternak.

AK/BSK