Berita ยป Kunjungan Siswa Kelas V SDN Kepanjen

Untuk meningkatkan pengetahuan para siswa tentang dunia pertanian, sebanyak 44 siswa SDN Kepanjen 07 Kab Malang berkunjung ke Balitkabi, Kamis (31/10). Mereka, yang didampingi oleh 15 guru, langsung diajak ke lapang dan diberi penjelasan tentang aneka tanaman yang menjadi mandat Balitkabi. Dalam penjelasannya Pak Win menggunakan istilah-istilah yang dipahami oleh anak-anak.

Pertama sekali anak-anak dibawa ke pertanaman umbi-umbian. Dijelaskan aneka umbi-umbian yang ditanam di halaman depan Kantor Balitkabi: tentang ubi jalar, ubi kayu, garut, ganyong, serta talas. Pak Win meminta anak-anak mengamati tinggi tanaman dan bentuk daun ubi kayu; bentuk dan warna daun ubi jalar. Tentang ubi kayu dijelaskan kepada anak-anak beberapa karakter misalnya daunnya ada yang menjari tetapi tiap-tiap jarinya gemuk, tapi ada juga yang kurus. Ada yang tinggi semampai ada yang sedang. “Dia seperti kita, ada yang tinggi ada yang pendek”, tutur Pak Win di tengah anak-anak.

Pada pertanaman ubi jalar dua kelompok anak-anak diminta memetik lalu mengamati warna dan bentuk daun Antin-2 dan Beta-1. Dengan pertanyaan dari Pak Win akhirnya mereka bisa membedakan karakter keduanya. Memang menjelaskan tak harus langsung, namun juga bisa dengan mengajak anak-anak mengamati secara langsung, sehingga mereka bisa mengetahui secara pasti perbedaan karakter varietas.

Agar anak-anak tidak bingung tentang kedelai, Pak Win bertanya kepada anak-anak tentang tahu dan tempe, baru anak-anak diarahkan ke tanaman kedelai. Hal ini penting karena sebagian anak-anak ternyata tidak banyak tahu aneka tanaman kacang-kacangan. Dengan pancingan tahu dan tempe anak-anak akhirnya mengerti bahwa itu merupakan produk pangan dari kedelai.

Selanjutnya anak-anak dibawa ke rumah kasa, pertanaman persilangan dalam pot dan ke UPBS. Mereka dijelaskan tentang perkawinan silang untuk menghasilkan varietas unggul baru. Di UPBS anak-anak ditunjuki cara menyeleksi benih kedelai. Di gudang plasma nutfah mereka dijelaskan tentang kulkas gede tempat penyimpanan benih-benih. Pada akhir kunjungan anak-anak disuguhi es krim dari ubi jalar.

Majulah anak-anak Indonesia. Majukan pertanian kita.

AW