Berita ยป Kunjungan untuk Mendalami Perbenihan dan Pengembangan Aneka Kacang dan Umbi

nganjuk_2

Pentingnya varietas unggul dan benih semakin disadari oleh masyarakat pertanian kita. Penyediaan benih dan varietas unggul ternyata merupakan masalah tersendiri untukbeberapa daerah produksi. Untuk tujuan mencari solusi dan untuk mengembangkan kacang-kacangan dan umbi-umbian, rombongan dari Kabupaten Nganjuk, Dinas Pertanian Provinsi Jawa Barat, dan Dinas Pertanian Daerah Prov Sulawesi Tengah, berkunjung ke Balitkabi.

Kunjungan tamu dari Kecamatan Warujayeng KabNganjuk yang terdiri dari Penyuluh Pertanian, Kelompok Tani (termasuk para ibu-ibu), dan tokoh tani, 22 April, diterima oleh Achmad Winarto dan Ir Suhartina, M.S.. Mereka berkeinginan untuk mendalami perbenihan dan varietas unggul kedelai. Secara panjang lebar, Bu Suhartina menjelaskan tentang varietas unggul baru kedelai. Selain penjelasan di Aula, para tamu yang setiap tahun selalu belajar sambil berwisata ini, juga dibawa ke Kebun Percobaan dan UPBS.

Tamu dari Nganjuk saat mendapat penjelasan di Aula dan di Kebun Percobaan Kendalpayak.

Pada tanggal 23 April, sebanyak 22 orang dari Diperta Prov Jawa Barat, diterima olehDr Titik Sundari, Ir. M. , Anwari, M.S., dan Achmad Winarto serta Cipto Prahoro, SP. Mereka yang beranggotakan Petugas Pertanian dan Kelompok Tani Kabupaten Cianjur, Sukabumi, dan Indramayu, selain mendalami perbenihan kedelai juga ingin mendapatkan informasi tentang pengembangan tanaman kedelai.

Tamu dari Provinsi Jawa Barat diterima oleh Ir Suhartina dan Dr M Jusuf, di Aula dan dilanjutkan ke lapang oleh Cipto Prahoro, S.P.

Dalam kunjungan selama tiga hari,25-26 April, 30 orang dari Sulawesi Tengah yang dipimpin Kabid Tanaman Pangan,Ir Sambela Rantung, mendapatkan penjelasan aneka hasil penelitian tentang aneka varietas kacang dan umbi, termasuk budidaya untuk perbenihan aneka kacang dan umbi. Mereka diterima oleh Achmad Winarto, Staf Jaslit, dan mendapat penjelasan tentang kedelai dari Dr. Novita Nugrahaeni; tentang ubikayu dari Dr Titik Sundari.Dr M. Jusuf, memberikan penjelasan ubijalar, dan Ir. Joko Purnomo, M.S., menguraikan varietas unggul kacang tanah. Setelah di kelas, para tamu yang terdiri dari petugas pertanian tersebut dibawa ke lapang dan dipandu oleh Pak Cipto Prahoro. Sebelum kembali mereka juga dibawa ke UPBS.

Tamu dari Provinsi Sulawesi Tengah diterima di Aula dan dilanjutkan penjelasan di lapang dan Kebun Percobaan Kendalpayak.

AW