Berita ยป Kunker Ka Badan Litbang Pertanian di Balitkabi

1-akabdn

Rangkaian kunker Kepala Badan Litbang Pertanian, Dr. Haryono M.Sc di Jawa Timur, salah satunya adalah ke Balitkabi, Sabtu (29/12/2012). Kunjungan ke Balitkabi, dihadiri oleh Kapuslitbang Tanaman Pangan, Kapuslitbang Tanaman Hortikultura, Kepala UPT Litbang di Jawa Timur, Pejabat Eselon III Litbang serta peneliti dan pejabat Balitkabi.

Rombongan Ka Badan Litbang Pertanian diterima oleh Kapuslitbang Tanaman Pangan di Aula Balitkabi dan disampaikan perkembangan Balitkabi, khususnya peningkatan belanja modal, rencana pembangunan ke depan dan hal-hal yang sudah dicapai, yang sedang dilakukan dan rencana ke depan. Dr. Hasil Sembiring mengingatkan kembali jadwal pengadaan 2013. Kepala Balitkabi juga menyampaikan terima kasihnya atas kepercayaan yang diberikan Ka Badan Litbang Pertanian kepada Balitkabi untuk menyongsong kurva kedua Badan Litbang Pertanian berupa penguatan sarana prasarana.


Dr. Haryono M.Sc menyampaikan 6 prinsip manejemen SDM yaitu (1) Posisi litkanjibangrap yang diperluas dengan diklatluh dan prohumas, yang diingatkan kembali peran dan posisi balit dan BPTP dengan mengedepankan policy development, (2) Infrastruktur, laboratorium, kebun percobaan. Ditekankan bahwa KP harus dikelola secara profesional, (3) SDM dan peningkatan kapasitas ilmu pengetahuan. Litbang akan terus memperkuat training, workshop dsbnya, (4) Manajemen keuangan dan anggaran, harus mampu mengelola perbedaan mindset. Komunikasikan secara intensif tentang administrasi, alokasi dan pertanggunganjawab, (5) Manejemen waktu (time dan timing), telah disusun renstra dsbnya, harus dijadikan pedoman di setiap UPT, dan (6) Manejemen mindset, harus diperhatikan diri sendiri dan kelompok secara bersama-sama. PR bagi Balitkabi, bagaimana mengelola manejemen mindset secara efisien, kuncinya di efisiensi anggaran dan efektivitas program.

Sebelum mengunjungi fasilitas di Balitkabi, Ka Badan Litbang Pertanian, memberikan kesempatan untuk berdiskusi. Beragam pertanyaan disampaikan diantaranya upaya membangun ruang display di depan kantor, status penelitian umbi-umbian potensial seperti ganyong, garut dsbnya, mengapa pencairan PNBN di bulan Desember dan itupun waktunya sangat pendek, juga ditanyakan tentang peran diseminasi dan RDHP. Ka Badan menyampaikan tugas utama balit adalah penelitian dan BPTP lebih ke diseminasi, juga umb-umbian potensial digerakkan melalui KRPL, tentang PNBP diakui berada dalam posisi sulit dan hingga saat ini belum diramu upaya mengatasinya.

Ka Badan, berkenan mengunjungi display olahan berbasis kabi, dan beliau memberikan apresiasi. Fasilitas utama yang dikunjungi Ka Badan, gudang pemuliaan yang setahun yang lalu sempat mendapatkan kritikan tajam karena bau tak sedap akibat tikus, mengunjungi gedung UPBS lama dan gedung UPBS tahap I yang sudah selesai dibangun. Ka Badan merasa puas dengan pembangunan UPBS yang memang harus high profile. Pada akhir kunkernya di Balitkabi, Ka Badan berpesan bahwa tahun 2013 adalah momen sangat bagus untuk melakukan transformasi, untuk menjawab hal-hal yang lebih operasional, menjawab tantangan kedepan. Tidak ada jalan lain, Ka UPT harus visioner.