Berita ยป Laboratorium Pengujian Balitkabi lakukan Audit Internal SMM ISO 17025:2017

audit

Untuk memenuhi persyaratan ISO 17025:2017, butir 8.8., Laboratorium Pengujian Balitkabi melakukan Audit Internal untuk memverifikasi kesesuaian kegiatan dengan persyaratan sistem manajemen mutu ISO 17025:2017. Bertempat di Ruang Seminar 4 dilakukan pembukaan Audit Internal Laboratorium Pengujian Balitkabi. Pembukaan oleh Manajer Puncak yang diwakili Manajer Administrasi dan dihadiri Manajer Mutu, Manajer Teknis, Penyelia serta personil laboratorium lainnya.

Dr. Heru Kuswantoro selaku Manajer Mutu (MM) menyampaikan bahwa kegiatan Audit Internal tahun 2020 akan dilaksanakan selama dua hari pada tanggal 3-4 November 2020. Selanjutnya MM melaporkan kendala-kendala yang dihadapi Laboratorium Pengujian Balitkabi selama tahun 2020 ini dan juga menyampaikan program prioritas tahun 2021.

audit1 audit2
Pembukaan Audit Internal

Laboratorium Pengujian Balitkabi menyelenggarakan audit internal minimal satu kali dalam setahun. Ruang lingkup audit internal meliputi: semua sistem mutu, termasuk persyaratan umum, persyaratan struktural, persyaratan sumberdaya, dan persyaratan manajemen pada empat laboratorium (Laboratorium Tanah, Laboratorium Kimia Pangan, Laboratorium Uji Mutu Benih, dan Laboratorium Hama Penyakit). Audit Internal di lakukan oleh masing-masing Manajer Teknis, dengan sistem saling silang antar laboratorium sesuai jadwal yang telah ditentukan. Pelaksanaannya meliputi: kunjungan singkat ke fasilitas laboratorium setelah pertemuan pembukaan dan menilai dokumen dan fasilitas laboratorium, interview personel laboratorium, observasi pelaksanaan pengujian, review hasil uji profisiensi, serta merekam ketidaksesuaian di lembar ketidaksesuaian (LKS).

Pelaksanaan audit di laboratorium dilakukan selama dua hari. Kemudian hasil ketidaksesuaian yang ditemukan oleh masing-masing Manajer Teknis audit dikumpulkan dan dikompilasi pada LKS. Setelah dilakukan klarifikasi temuan ketidaksesuaian oleh Auditor dan Auditee, pada penutupan Audit Internal disampaikan 12 temuan ketidaksesuaian yang terdiri dari: 3 kategori mayor, 2 kategori minor, dan 7 kategori observasi. Manajer Mutu mengharapkan semua temuan ketidaksesuaian dapat ditidaklanjuti dan diselesaikan sebelum 20 November 2020. Karena hasil audit internal tersebut akan menjadi bahan Kaji Ulang Dokumen pada 25 November 2020.

audit4 audit3
audit5 audit6 audit7
Pelaksanaan Audit Internal
audit8 audit9
Klarifikasi Ketidaksesuaian dan Penutupan Audit Internal

HK/WR/AA