Berita ยป Laboratorium Pengujian Balitkabi Telah Direakreditasi

Balitkabi telah melaksanakan tupoksi sebagai laboratorium penguji (Lab. Tanah dan Tanaman, Lab. Kimia Pangan, dan Lab. Uji Mutu Benih) berdasarkan ISO/IEC 17025:2005 dan mendapatkan sertifikat akreditasi sebagai laboratorium penguji dari Komite Akreditasi Nasional (KAN) tahun 2011 dan berakhir pada tahun 2015. Utuk mempertahankan status akreditasi tersebut telah diadakan reakreditasi oleh KAN di Laboratorium Pengujian Balitkabi (LP-518-IDN), pada 16-17 Desember 2014. Assesment dilakukan oleh Tim Assesor KAN yang dikomandani oleh Bapak Dr. Ir. Udin S. Nugraha, M.S. sebagai Assesor Kepala dan Ibu Sulistyowati Soerachmat sebagai Anggota. Selama dua hari, tim Assesor melakukan audit manajemen dan teknis laboratorium. Berdasarkan hasil audit, Tim Asesor menyimpulkan bahwa laboratorium pengujian Balitkabi sudah bersungguh-sungguh untuk memenuhi persyaratan ISO/IEC 17025:2005. Laboratorium telah melakukan audit internal, kaji ulang manajemen, dan jaminan mutu internal untuk meningkatkan sistem manajemen dan pelayanan kepada pelanggan, akan tetapi masih ditemukan beberapa ketidaksesuaian baik dalam persyaratan manajemen maupun teknis.


Saat evaluasi, Bapak Dr. Ir. Udin S. Nugraha selaku assessor kepala menyampaikan hasil assesment, yaitu adanya beberapa ketidaksesuaian antara penerapan sistem pengujian dengan klausul-klausul di dalam standar SNI ISO/IEC-17025:2008. Dalam Assesment ini tidak didapatkan temuan kategori major, namun terdapat 18 temuan ketidaksesuaian, 16 temuan kategori 2 (minor) dan dua temuan kategori 3 (observasi). Salah satu hal temuan yang penting dan dapat mempengaruhi hasil pengujian adalah belum dilakukannya pengecekan antara pada oven di semua laboratorium pengujian karena belum tersedianya alat thermocouple standard. Oven merupakan alat yang loading pemakaiannya sangat tinggi digunakan tiga laboratorium tersebut, sehingga ketersediaan alat thermocouple standard sangat diperlukan untuk menjaga kualitas mutu hasil pengujian.


Status akreditasi bisa diperoleh kembali (dipertahankan) oleh Laboratorium pengujian Balitkabi setelah semua ketidaksesuaian diperbaiki sesuai saran asesor KAN dalam jangka waktu yang telah ditetapkan. Yang juga layak diapresiasi pada assessment ini adalah tidak adanya temuan major. Hal ini dapat tercapai berkat kerja keras seluruh personil laboratorium dalam mempersiapkan assessment, sehingga tidak ada temuan dengan kategori major.I K Tastra/AW