Berita » Launching Core Values dan Employer Branding ASN Lingkup Kementan

Tindak lanjut peluncuran core values (nilai-nilai dasar) ASN Berorientasi Pelayanan, Akuntabel, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, Kolaboratif (BerAKHLAK) dan employer branding ASN “Bangga Melayani Bangsa” oleh Presiden Republik Indonesia pada tanggal 27 Juli 2021, maka Menteri Pertanian RI, Dr. H. Syahrul Yasin Limpo, S.H, M.Si., M.H., 15 Februari 2022, melakukan launching core values ASN BerAKHLAK dan employer branding ASN “Bangga Melayani Bangsa” dari Agriculture War Room (AWR), Kantor Pusat Kementerian Pertanian. Launching dilakukan secara luring dan daring, diikuti oleh seluruh jajaran ASN Kementerian Pertanian (Kementan), termasuk Balitkabi.

berita-220215-launchingcorevalues-a

Sekretaris Jenderal Kementerian Pertanian, Dr. Ir. Kasdi Subagyono, M.Sc.,  melaporkan bahwa launching ini merupakan tindaklanjut dari arahan Presiden RI. Pada tahun 2004, Kementan telah menyusun 17 program nilai budaya kerja yang selanjutnya diimplementasikan sebagai KKPID (Komitmen, Keteladanan, Profesionalisme, Integritas, dan Disiplin).

Ditegaskan oleh Kasdi bahwa yang penting adalah implementasi dari launching dituangkan dalam beberapa langkah implementatif dalam kerangka kerja secara paripurna. Deputi Bidang SDM Aparatur Kementerian PANRB, Dr. Ir. Alex Denni, M.M., mengawali dengan apresiasinya terhadap Kementan yang telah melakukan internalisasi dengan melaunching Core Values ASN berAKHLAK, bahkan launching ini dihadiri oleh ASN dalam jumlah yang sangat banyak.  Harapannya, segera menjadi pegangan seluruh ASN di Kementan.

Mentan beserta jajaran dan Deputi SDMA KemenPANRB saat launching melalui teleconference

Mentan beserta jajaran dan Deputi SDMA KemenPANRB saat launching melalui teleconference

Harapan Mentan SYL disampaikan sebelum melakukan launching. “Negara kita telah dianugerahi sebagai negara terbesar keempat di dunia, memiliki ribuan pulau, bukan negara kontinental, dan berada di daerah tropis”, ujar SYL. Lebih lanjut disampaikan oleh SYL bahwa dibalik itu, terdapat berbagai kekurangan, karena ragam dan tantangan yang berbeda-beda antar wilayah. Bukan hal mudah untuk menyatukannya.

Di sinilah intinya, diperlukan akhlak, diperlukan ASN yang mampu mensejahterakan rakyat yang baik dan kuat. Karena aparat negara itu adalah inti dari pemerintah, jadi aparatnya baik, pemerintahnya akan baik pula. Pemerintahan itu tak ubahnya gelombang laut yang tidak pernah berhenti.

Ingatlah, ujung pekerjaan dari seorang ASN adalah amaliyahnya. Dipertegas oleh SYL bahwa pejabat (juga ASN) yang baik tentu selalu berpihak kepada kepentingan negara dan tidak meladeni dirinya sendiri. Nilai dasarnya adalah semakin semangat bekerja, semakin terpacu bekerja, mengedepankan harmonisasi diantara kita.

Launching dilakukan oleh SYL dengan menekan logo Kementan, dan dilanjutkan dengan penandatanganan Komitmen Penerapan Core Values ASN BerAKHLAK oleh Menteri Pertanian diikuti oleh Sekjen, Dirjen, Irjen, dan Kepala Badan.

AK