Berita » Launching Pusat Eksibisi PUI

PUI yang digagas oleh Kemenristekdikti memiliki sasaran untuk meningkatkan kompetensi kelembagaan lemlitbang sehingga mampu menghasilkan inovasi teknologi yang sesuai dengan kebutuhan dan kapasitas adopsi pengguna teknologi.

Untuk mengoptimalkan hilirisasi produk riset dilakukan launching Pusat Eksibisi dari Pusat Unggulan Iptek (PUI), 15 Oktober 2015, di Pusat Peragaan Iptek, TMII Jakarta. Hadir dalam launcing tersebut, Kepala Balitkabi, Dr. Didik Harnowo, Ayda Krisnawati M.Sc, Ir. Nila Prasetiaswati, Ir. A. Winarto dan Dr. Muchlish Adie.

Launching dilakukan oleh Direktur Lemlitbang Kemerintekdikti, menyampaikan bahwa potensi lembaga riset dalam menghasilkan inovasi sangat besar dan diperlukan proses hilirisasi yang massif, agar inovasi dapat diadopsi dan memberikan manfaat ekonomi.

Pusat Unggulan Iptek, diinisiasi sejak tahun 2011, didorong untuk menghasilkan produk dan teknologi yang memiliki daya saing tinggi baik nasional maupun internasional. Pusat Eksibisi PUI Akabi. Pusat Eksibisi diikuti oleh 12 lembaga yang telah ditetapkan sebagai PUI, termasuk Pusat Riset Akabi, Balitkabi. Pusat Riset Akabi memamerkan berbagai produk yang telah dihasilkan oleh peneliti, varietas, pestisida nabati, produk olahan dsbnya.

Kepala Balitkabi, pada saat kunjungan Direktur Lemlitbang dan rombongan, menyampaikan bahwa Pusat Riset Akabi bergerak dari hulu–hilir. Produk riset yang telah dihasilkan cukup banyak, hanya terkendala oleh adopsi oleh industri.

Agenda launching dirangkai dengan kegiatan Workshop Penguatan Kelembagaan PUI, dilakukan di Bogor, 15–17 Oktober 2015. Melalui workshop diharapkan sebagai media diskusi dengan para pakar, pebisnis, agar lembaga mampu menentukan langkah strategis untuk meningkatkan kompetensi lembaganya.

Launching Pusat Eksibisi PUI di Pusat Peragaan IPTEK, TMII.

Launching Pusat Eksibisi PUI di Pusat Peragaan IPTEK, TMII.

15-10-15b

MMA