Berita » Learning Organization pada Kurva II

Pre-departure briefing di BPP2TP Bogor.

Badan Litbang Pertanian yang berada pada kurva II, menempatkan penataan SDM dan infrastruktur (laboratorium, UPBS, dan kebun percobaan) pada prioritas pertama. Posisi II harus berparadigma berbeda. Pejabat dan jajaran litbang harus memahami learning organization. Oleh karenanya dilakukan training Research Management bagi kepada para kepala balit dan BPTP di Melbourne Business Scholl di Carlton dan Mt Eliza. Angkatan I dilakukan tahun 2012 dan angkatan II dilakukan 1–12 April 2013.

Angkatan ke-2 diikuti oleh 20 peserta, termasuk Kepala Balitkabi. Untuk menyamakan dan memberikan pemahaman terhadap sasaran dari training, 30 Maret 2013, dilakukan pre-departure briefing oleh Sekretaris Badan Litbang Pertanian dan Direktur SmartD di BPP2TP Bogor. Litbang harus melakukan manajemen korporasi untuk meningkatkan profesionalismenya. Berbagai perbaikan yang dilakukan saat ini menuntut peningkatan kapasitas pimpinan melalui, salah satunya melalui Research Management Training. Knowledge management saatnya dipahami, dikembangkan, dan diaplikasikan.

Pre-departure briefing di BPP2TP Bogor.

Tagline Badan Litbang Pertanian, “science.innovation.networks”, sebagai inspirator kerja warna manajemen litbang. Science di sisi hilir terkait dengan pengembangan ilmu dan publikasi jurnal internasional. Innovation secara mudah dipahami harus ada di lapang dan dalam jumlah massif. Networks jangan diartikan secara sempit misalnya dengan web, obsesinya bagaimana memiliki 10000 peneliti yang sekarang hanya 1696 peneliti. Kuncinya ada pada kreativitas.

Pada arahan terakhirnya, dipesankan supaya para peserta training melihat kanan kiri, apa yang ada, membangun network, jangan hanya melihat knowledge, melihatlah yang lain. Berangkat semangat, pulang lebih semangat, dan ada hal baru.