Berita ยป Lolit Sapi Potong Studi Banding Penerapan ISO/IEC 17025:2017 di Laboratorium Pengujian Balitkabi

Kunjungan Loka Penelitian Sapi Potong ke Balitkabi

Kunjungan Loka Penelitian Sapi Potong ke Balitkabi

Dalam rangka meningkatkan pemahaman dan wawasan personil tentang penerapan ISO/IEC 17025:2017 di laboratorium, Pengelola Laboratorium Nutrisi dan Pakan Ternak Loka Penelitian Sapi Potong (Lolit Sapo) melakukan studi banding ke Balitkabi pada tanggal 26 Februari 2021. Kunjungan dipimpin oleh drh. Dicky M. Dikman selaku Kepala Lolit Sapo sekaligus Manajer Puncak, dan didampingi oleh Mayar, S.P., selaku Koordinator Tata Usaha sekaligus Manajer Representatif dari Laboratorium. Kunjungan diterima oleh Plh. Kepala Balitkabi, B.S Koentjoro, S.P., M.Kom., didampingi oleh Dr. Heru Kuswantoro, S.P., M.P. (Manajer Mutu Laboratorium Pengujian Balitkabi), Ir. Sumartini, MS (Manajer Teknis Laboratorium Hama dan Penyakit), dan beberapa analis dari Laboratorium Tanah, Laboratorium Pangan, dan Laboratorium Uji Mutu Benih.

Dalam pengantarnya, drh. Dicky M. Dikman menyampaikan permohonan bimbingan untuk tim Laboratorium Lolit Sapo agar dapat menambah wawasan dan ilmu dalam rangka menyelesaikan beberapa temuan Audit Eksternal yang belum terselesaikan. Berdasarkan maksud tersebut, maka tim Laboratorium Lolit Sapo membawa serta beberapa petugas laboratorium, antara lain petugas penerima sampel, petugas pengendali dokumen, dan analis laboratorium.

Pada sesi awal, disosialisasikan mengenai Penerapan ISO/IEC 17025:2017 pada laboratorium pengujian yang terakreditasi KAN. Selanjutnya, dilakukan diskusi yang terbagi menjadi 2 kelompok, yaitu kelompok administrasi dan dokumen, serta kelompok aspek teknis di laboratorium. Pembelajaran mengenai aspek administrasi dan dokumen digawangi oleh Manajer Mutu yang didampingi oleh petugas penerima sampel, sedangkan diskusi aspek teknis dibimbing oleh para analis.

Tim Laboratorium Nutrisi Lolit Sapo antusias dalam mengikuti rangkaian diskusi dan pembelajaran. Dari hasil diskusi tersebut didapatkan banyaknya ketidaksesuaian antara dokumen level 1, level 2, level 3, dan level 4, terutama dalam hal konsistensi penulisan maupun keterkaitan antara satu dokumen dengan dokumen lainnya. Pembahasan juga berlanjut kepada persiapan Laboratorium Nutrisi Lolit Sapo untuk proses akreditasi ulang sesuai ISO/IEC 17025:2017.

Pada akhir acara, drh. Dicky M. Dikman mengapresiasi tim Laboratorium Pengujian Balitkabi atas arahan dan bimbingan yang telah diberikan, sehingga peserta kunjungan mendapatkan ilmu dan pemahaman tentang ISO/IEC 17025:2017 dan implementasinya sehari-hari di laboratorium. Balitkabi yang diwakili oleh Manajer Mutu siap mendukung dan membimbing Laboratorium Nutrisi Lolit Sapo agar penyelesaian ketidaksesuaian dapat terselesaikan tepat waktu serta rencana akreditasi ulang dapat berjalan dengan lancar.

ELY

sapo1 sapo2
Diskusi tentang penerapan ISO/IEC 17025:2017 di laboratorium