Berita ยป Mahasiswa UMY Perluas Ilmu Perbenihan

a.umy_1

Sebanyak 140 mahasiswa Fak Pertanian Univ Muhammadiyah Yogyakarta berkunjung ke Balitkabi untuk memperluas ilmunya dalam perbenihan kacang dan umbi. Menurut Pak Achmad Sukaryadi, dosen pembimbingnya, mereka saat ini sedang menempuh mata kuliah perbenihan, sehingga kunjungan ini diharapkan menambah wawasan tentang perbenihan kacang-kacangan dan umbi-umbian yang sudah dihasilkan dan diterapkan di Balitkabi.

Sebelum materi perbenihan diberikan oleh Dr Solihin dan Ir Suhartina M.S., pak Achmad Winarto memberikan uraian tentang tugas khusus Balitkabi dalam penelitian aneka kacang dan umbi. Di samping itu Pak Win sebagaimana biasanya selalu memotivasi kepada para mahasiswa tentang pentingnya pertanian. “Pangan merupakan kebutuhan pokok dan utama sampai kapan pun. Pangan dihasilkan oleh bidang pertanian. Jadi berbanggalah menjadi mahasiswa pertanian”, tegas pak Win.

Selanjutnya para mahasiswa diberi materi kuliah varietas unggul dan perbenihan ubikayu oleh Pak Solohin secara mendalam. Beliau menyampaikan tentang varietas-varietas ubikayu yang dihasilkan oleh pemulia Balitkabi beserta sifat-sifatnya. Salah satu varietas terbaru, Litbang Uk-2, varietas yang sesuai untuk bioetanol juga disampaikan. Sedangkan Bu Suhartina menjelaskan aneka varietas unggul kedelai di Indonesia dan yang dihasilkan oleh para penghulu kedelai Balitkabi. Peran UPBS dalam menyediakan benih sumber untuk pengembangan kedelai di Indonesia juga disampaikan. Dua pemulia tersebut juga menegaskan pengawalan dalam proses produksi benih sangat menentukan benih yang dihasilkan, karena itu ilmu dan teknologi pengelolaan benih sangat penting dikuasai oleh para mahasiswa.

Usai di aula para mahasiswa dibawa ke lapang oleh Cipto Prahoro, S.P., untuk melihat praktik budidaya di KP Kendalayak. Mereka juga diampirkan ke UPBS untuk melihat praktik pengelolaan benih sebelum siap dikirim kepada pemesan luar.
Sagit/AW