Berita » Manajemen Pustaka Melalui Program Zotero

Ketua PEI Cabang Malang Prof. Dr. Marwoto (Balitkabi) dan Dr. Achmad Rhizali narasumber dari PEI Pusat IPB Bogor.

Pelatihan penggunaan perangkat lunak pustaka Zotero berfungsi untuk mempermudah penulis karya tulis ilmiah dalam mengorganisasi dan melakukan penulisan pustaka yang berbasis internet. Program pelatihan pustaka Zotera dan sosialisasi pedoman penulisan naskah Jurnal Entomologi Indonesia merupakan program Perhimpunan Entonologi Indonesia Pusat yang bekerjasama dengan Perhimpunan Entomologi Cabang Malang, diselengggarakan di Balai Penelitian Serat dan Pemanis Karang ploso Malang 20–21 November 2012.

Peserta pelatihan sebanyak 20 orang dari anggota PEI Cabang Malang (Balittas, BPTP Jawa Timur, Balitjestro, Balitkabi, dan Fakultas Pertanian Universitas Brawijaya). Utusan Balitkabi sebanyak 5 orang : Drs Bejo, Ir. Sriwahyuni Indiati MS, Ir. Alfi Inayati MS, Tantawizal, SP, dan Farida Thursana, SP peneliti Entomologi dari Balitkabi Malang.

Ketua PEI Cabang Malang Prof. Dr. Marwoto (Balitkabi) dan Dr. Achmad Rhizali narasumber dari PEI Pusat IPB Bogor.

Bertindak sebagai nara Sumber Dr. Achmad Rhizal Dosen Fakultas Pertanian Institut Pertanian Bogor dan redaksi pelaksana Jurnal Entomologi Indonesia (JEI). Materi pelatihan yang dibahas adalah: a) Sosialisasi JEI (Sekilas tentang JEI, Pedoman penulisan Jurnal, Tip menyiapkan naskah publikasi, Proses review makalah), b) Pemanfaatan Zotero Sekilas tentang Zotero: manfaat penggunaan Zoetro, tampilan Zotero, membuat data base, melakukan sitasi). Pada prinsipnya pemanfaatan Zotero adalah manajemen pustaka untuk mempermudah penulis karya tulis ilmiah dalam mengorganisasi dan melakukan penulisan pustaka yang berbasis internet.

Peserta pelatihan penggunaan perangkat lunak Zotero untuk manajemen pustaka.

Pelatihan dibuka secara resmi oleh ketua Perhimpunan Entomologi Indonesia Cabang Malang, Prof. Dr. Marwoto. Himbauan ketua PEI Cabang Malang bahwa hasil pelatihan ini dapat di praktikkan dalam penulisan ilmiah bagi anggota PEI yang umumnya berprofesi sebagai Peneliti dan Dosen. Materi pelatihan ini diharapkan juga dapat menstimulasi peneliti/dosen untuk menulis karya tulis ilmiah di JEI PEI Pusat yang telah terakreditasi di Kementerian Pendidikan Nasional, demikian juga menulis di Jurnal Balit/Litbang yang telah terakreditasi. Partisipasi aktif dari peneliti/dosen untuk menyumbangkan karya ilmiahnya, di Jurnal yang kita miliki, berarti kita ikut mendukung eksistensi Jurnal-jurnal kita yang telah terakreditasi tersebut. Karena terbatasnya kuota peserta di masing-masing institusi diharapkan peserta yang berkesempatan mengikuti pelatihan ini, dapat menyebarluaskan ilmu yang didapat kepada rekan-rekan kerjanya, melalui pelatihan intern di tempat kerja masing-masing. Dengan demikian hasil pelatihan ini dapat bermanfaat bagi orang banyak, khusus bagi anggota PEI dan peneliti/dosen pada umumnya. Terima kasih disampaikan kepada pengurus Pusat PEI yang telah memberikan kepercayaan dan bantuan nara sumber untuk membahas Pustaka Zotero kepada anggota PEI Cabang Malang.