Berita ยป Mantan Duta Besar Inggris Pimpin Kunjungan ke Balitkabi

Mantan Duta Besar Inggris, Mr. Charles Humfrey,bersama 22 orang tamu dari Royal Society for Asian Affairs (RSAA) berkunjung ke Balitkabi pada Rabu (18/9).Rombongan disambut oleh Dr. Suharsono mewakili Kepala Balitkabi bersama peneliti Balitkabi yaitu Dr. M. Jusuf, Dr. A.A. Rahmianna, Ir. Erliana Ginting, MSc., Dr. Titik Sundari, Eriyanto Yusnawan, Ph.D, Rahmi Yulifianti, STP, dan Joko Restuono, SP. Dr. Suharsono memaparkan kegiatan yang dilakukan oleh Balitkabi selama ini termasuk capaiannya, kekuatan personil, visi, dan misi dan kerjasama tingkat nasional maupun internasional yang telah dan sedang berlangsung. Dialog yang cukup menarik terjadi antara rombongan RSAA dengan Balitkabi hingga melebihi waktu yang telah diagendakan. Pada session break, Balitkabi juga menyajikan makanan berbasis umbi dan kacang, antara lain onde-onde ungu, pohung keju, getuk lindri, dan minuman susu kedelai.

Rombongan RSAA mengunjungi visitor plot tanaman kabi di Kebun Percobaan Kendalpayak. Panen kedelai di petak percobaan yang dilakukan secara manual oleh pekerja merupakan salah satu hal yang menarik bagi mereka. Plot biopestisida yang dipersiapkan untuk gelar teknologi juga mendapat banyak pertanyaan mengenai komponen bioaktif, efektivitas, cara pembuatan, dan patennya. Setelah dari kebun percobaan, rombongan bergerak menuju UPBS. Lagi-lagi cara sortasi benih secara manual menjadi daya tarik tersendiri bagi mereka. Pertanyaan biji hasil sortasi untuk apa diajukan oleh beberapa orang. Rombongan juga mengunjungi cold storage tempat benih disimpan.


Rombongan melanjutkan perjalanan ke Tumpang untuk melihat visitor plot pertanaman ubijalar milik Balitkabi dan milik petani yang ditanami varietas unggul yang telah dilepas Badan Litbang Pertanian, yaitu Beta 2 dan Sari. Dr. M. Jusuf dengan bangga menjelaskan capaian Balitkabi dengan diadopsinya varietas-varietas unggul ubijalar di tingkat petani. Antin 2 dan Antin 3 yang baru saja dilepas sebagai varietas yang kaya antosianin merupakan salah satu sajian di lapang dalam bentuk jus ubijalar ungu dan ubijalar rebus, selain sajian beberapa varietas yang sudah dilepas sebelumnya. Dua orang petani yang ada di lapang tidak lepas dari pertanyaan oleh rombongan mengenai varietas unggul apa yang paling disukai oleh petani Tumpang dan manfaatnya bagi mereka. Rombongan mengakhiri kunjungannya ke outlet Bakpao Telo dan menikmati makan siang dengan menu Indonesia. Ucapan terima kasih dan apresiasi kepada Balitkabi atas obyek kunjungan yang ditampilkan, sambutan yang hangat dan ramah disampaikan langsung oleh ketua rombongan, Mr. Charles Humfrey.

EY/Erly/M.Yusuf