Berita ยป Membahas RKTM 2013, Balitkabi Memulai Kinerja Setahun

1-a2013

Rangkaian pembahasan managemen Balitkabi diselenggarakan di ruang seminar utama pada tanggal 10 Januari 2013. Pembahasan dihadiri oleh pejabat eselon IV, peneliti fungsional, kepala kebun percobaan dan teknisi, ketua SDM, ketua program, dan para penanggung jawab RKTM. Pembahasan meliputi semua kegiatan managemen Balitkabi. Penyusunan program dan anggaran dikoordinir oleh ketua program Prof. Dr. Marwoto. Tujuan program adalah merencanakan penelitian dan anggaran berdasarkan kerangka pencapaian visi dan misi, sasaran yang sesuai dengan tugas dan fungsinya. Kegiatan program meliputi pembahasan perencanaan penelitian dan anggaran tingkat peneliti, menyusun RKAKL, rapat teknis pelaksanaan, mengkoordinasikan pelaksanaan penelitian dalam bentuk pertemuan, dan koordinasi di tingkat puslit. Tidak ketinggalan dalam kegiatan program adalah merencanakan mekanisme penyusunan evaluasi dan persetujuan proposal litbang pertanian, pembuatan proposal penelitian, serta sinkronisasi program penelitian. Highlight kegiatan (tentative) bidang anggaran dan evaluasi TA 2013 adalah rapat koordinasi evaluasi pelaksanaan kegiatan 2012 dan rencana pelaksanaan kegiatan 2013 pada bulan Januari di Balitkabi, penyusunan refleksi dan success story Puslitbangtan tahun 2012 bulan Januari, penyusunan rencana kinerja tahunan 2014 pada bulan Februari di Badan Litbang Pertanian, rapat kerja Puslitbang Tanaman Pangan bulan April di Balitkabi, serta rapat koordinasi program dan evaluasi bulan Desember di Lolit Tungro.

Pemantauan dan evaluasi (monev) dikoordinir oleh ketua tim monev Balitkabi Dr. Suharsono. Kegiatan tahun 2013 meliputi pemantauan kegiatan internal selama kegiatan berlangsung dan menilai ketercapaian tujuan dengan melihat faktor-faktor pendukung dan penghambat. Hal lain adalah evaluasi proses untuk mengidentifikasi masalah, mengumpulkan data dan menganalisis. Diuraikan bahwa prinsip monev adalah orientasi pada tujuan, mengacu pada kriteria keberhasilan, mengacu pada asas manfaat, dan obyektif. Dasar pertimbangannya untuk menganalisis keluaran dan manfaat kegiatan penelitian, diseminasi, kerjasama, alih teknologi UK/UPT yang berkualitas. Cakupan dan program kerja monev meliputi program RPTP, ROPP, RODHP dan juknis penelitian, implementasi program kerja penelitian, sistem managemen untuk mendukung kinerja UK/UPT.


Sistem pengendalian internal (SPI) dikoordinir langsung oleh Ka Yantek, Dr. Yusmani Prayogo. Rencana kerja meliputi rencana bulanan (serapan anggaran, target kendala), triwulan (pemantauan I II III), dan semesteran (penilaian). Pengembangan sistem informasi management (SIM) bertujuan mendapatkan data managemen lengkap, akurat dan ter-update serta umpan balik pengguna untuk pengembangan lebih lanjut. Ruang lingkup meliputi SIMPEG, SIMONEV, SIMPROG. Kegiatan yang termasuk di dalamnya adalah update data kepegawaian, workshop SIMPEG, bimbingan teknis sistem aplikasi kepegawaian, updating dan entry SIMONEV, workshop SIMONEV dan sosialisasi i-Monev, entry data SIMPROG, workshop SIMPROG dan sosialisasi i-SIMPROG.

Pengelolaan dan perencanaan oleh kasie Yantek berupa menyiapkan bahan penyusun rencana kegiatan penelitian, yang meliputi penyusunan program penelitian, anggaran penelitian, menyiapkan bahan rencana kerja. Balitkabi akan menjadi tuan rumah raker Puslitbangtan 2013. Raker Puslitbangtan bertujuan menyusun rencana kinerja tahun 2014 dalam mendukung program strategis badan litbang pertanian (mencakup konsorsium, kerjasama, dan kegiatan in-house).

Pengelolaan ketatausahaan, perlengkapan, pembinaan administrasi dan anggaran untuk saat ini dikoordinir Plt Ka TU, Ir. Arif Musaddad. Kegiatan besar ini mencakup pembayaran gaji dan tunjangan, meliputi belanja pegawai termasuk tunjangan fungsional, tunjangan kinerja, tunjangan khusus, belanja lembur, dan belanja uang makan PNS. Perencanaan/implementasi/ pengelolaan sistem akuntansi pemerintah (SAP) dan akreditasi Balai (ISO 9001-2008) juga merupakan lingkup Ka TU. Selain itu, layanan perkantoran juga menjadi tanggung jawab Ka TU.

Pengelolaan dan pembinaan layanan Jasa Penelitian (Jaslit) di bawah koordinir Ka Jaslit, Ir. Arif Musaddad. Termasuk dalam cakupan kegiatan Ka Jaslit adalah pengelolaan kerjasama. Peningkatan kemampuan SDM menjadi tanggung jawab tim SDM dan dalam hal ini dikoordinir oleh ketua tim, Prof. Dr. Subandi. Sumber daya manusia merupakan aset berharga sebagai penerus kelangsungan suatu UK/UPT, oleh karena itu, mayoritas program kerja mengarah pada peningkatan kualitas SDM seperti training, workshop, mengadakan pelatihan, dan motivasi seluruh pegawai.

Pembahasan RKTM juga meliputi pembahasan SMM Perbenihan (ISO 9001-2008) oleh Dr. Titik Sundari dan akreditasi Laboratorium (ISO 17025-2005) dikoordinasikan oleh Ir. I Ketut Tastra, MS. Pengadaan juga termasuk dalam cakupan pembahasan RKTM. Kegiatan ini menjadi tanggung jawab Drs. Edy Marsudi. Kegiatannya meliputi pengadaan kendaraan, pengadaan perangkat pengolahan data dan komunikasi pengadaan peralatan dan fasilitas perkantoran, rehap gedung dan bangunan meliputi rehap gedung dan fasilitas kantor, rehap pagar KP dan fasilitas KP, pembangunan gedung benih KP, rehap atap gedung kantor, pembuatan gedung UPBS tahap II, pembangunan gedung biopestisida, dan pembuatan ruang etalase display balai. Pembahasan ditutup dengan arahan kepala Balitkabi.

Rencana kerja yang baik menjadi awal yang bagus bagi kinerja Balai.

Eri/AW