Berita ยป Membangun Jaringan Penelitian dengan Balitbangda Jatim

balitbangda_1

Dalam rangka meningkatkan kerjasama untuk meningkatkan kinerja dan mengembangkan hasil penelitian maka membangun jaringan penelitian menjadi keniscayaan. Untuk tujuan itu, Balitkabi menugaskan seluruh Profesor Riset Peneliti Senior, dan Seluruh Pejabat Eselon IV menerima kunjungan 13 periset/peneliti dari Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Balitbangda) Jawa Timur, Senin (1/2).Para periset bidang Sumberdaya Alam dan Teknologi (SDAT)Balitbangda Jatim, yang dipimpinDr.Asri Harijati ini diterima oleh Dr Gatut Wahyu Anggoro, sebagai Pejabat Kepala Balai.Diterima di Aula Balitkabi, para periset menerima penjelasan tentang sejarah, mandat, dan capaian kinerja Balitkabi dari Dr. Yusmani Prayogo.Dr Yusmani menjelaskan bahwa puluhan varietas unggul kedelai, kacang tanah, kacang hijau, ubikayu, dan ubijalar, dengan aneka keunggulannya telah disumbangkan para pemulia Balitkabi.Balitkabi juga merakit teknologi budidaya aneka kacang dan umbi untuk berbagai agroekosistem, termasuk teknologi produksi di lahan suboptimal seperti lahan kering, lahan bernaungan, pun lahan pasang surut. Di samping itu para peneliti ekofisiologi juga telah menghasilkan pupuk organik (hayati) Agrisoy dan santap untuk mengurangi penggunaan pupuk anorganik dan menjaga kelestarian lahan. Pupuk Agrisoy, dan Santap,Pupuk Hayati Pelarut Fosfat mampu meningkatkan produksi dan menjaga kesuburan tanah. Penjelasan mendalam juga ditambahkan oleh Prof Subandi, Prof Sudaryono dan Prof Arief Harsono.
Teknologi pengendalian organisma pengganggu, khususnya pengendalian hama dan penyakit termasuk produk pestisida hayati yang ramah lingkungan juga ditunjukkan lewat produk Bio-Lec, Virgra, dan Tri-Chol 8.Paparan tentang produk olahan dari aneka umbi-umbian mendapat perhatian lebih dari para tamu Balitbangda Jatim ini. Aneka pertanyaan muncul untuk lebih mengembangkan produk olahan tersebut, karena Jawa Timur kaya akan aneka umbi-umbian yang selama ini belum dioptimalkan pengolahannya.Di Unit Pengelolan Benih Sumber (UPBS), periset Balitbangda diberi penjelasan peran penting UPBS dalam memproduksi dan mendistribusikan benih aneka kacang dan umbi ke seluruh Indonesiaoleh Dr Muchlish Adie.
Pada akhir kunjungan, para periset dari Balitbangda Jatim dan Balitkabi merasakan perlunya kerjasama untuk mengoptimalkan kinerja penelitian agar lebih bermanfaat bagi masyarakat, khususnya di Provinsi Jawa Timur.AW