Berita » Memperkuat Keluaran Kerjasama Balitkabi – PT. Amerta Indah Otsuka

Kepala Balitkabi memimpin pertemuan dengan PT. Amerta Indah Otsuka

Kepala Balitkabi memimpin pertemuan dengan PT. Amerta Indah Otsuka

Komoditas kedelai memang potensial sebagai bahan baku industri. Adalah PT. Otsuka Indonesia yang memprakarsai penggunaan kedelai untuk bahan baku industri Soyjoy, bahkan diprogramkan bahan baku industrinya dapat diproduksi di Indonesia.

Sehubungan dengan hal tersebut, Balitbangtan melalui Balitkabi melakukan kerjasama dengan PT. Amerta Indah Otsuka, Indonesia, yang dimulai sejak tahun 2019. Kerjasama difokuskan pada perakitan varietas unggul kedelai mendukung pengembangan industri pangan: uji adaptasi galur harapan dan pelepasan varietas unggul baru kedelai berkarakter khusus sesuai untuk Soyjoy yang  kedelainya di produksi di Indonesia. Dalam kerjasama tersebut materi dan uji adaptasi dan pengujian lainnya dilaksanakan Balitkabi, sedangkan evaluasi kesesuaian galur untuk produk Soyjoy dilakukan oleh PT. Otsuka.

Untuk mengetahui kemajuan pelaksanaan kerjasama dilakukan video conference pada tanggal 2 Februari 2021 yang dihadiri oleh tim peneliti Balitkabi, tim PT. Otsuka yang berada di Jepang, Pasuruan, dan Jakarta. Kepala Balitkabi, Dr. Ir. Titik Sundari, M.P., mengingatkan agar tim yang terlibat dalam kerjasama memprogramkan sesuai dengan yang telah ditargetkan, jika perlu dilakukan percepatan pelepasannya.

Berdasarkan data yang diperoleh dari masing-masing pihak, disepakati untuk mengusulkan tiga galur harapan menjadi calon varietas unggul baru kedelai berkarakter khusus sesuai untuk Soyjoy. Pertimbangan utama adalah kesesuaian galur yang bersangkutan sebagai bahan baku Soyjoy. Ketiga galur dimaksud mempunyai karakteristik biji besar dan umur genjah.

Semoga bahan baku industri dapat diproduksi di negara Indonesia.

soyjoy1 soyjoy2
Pertemuan peneliti Balitkabi dengan tim PT. Amerta Indah Otsuka (Naoko Kawasaki, M.Sc. dan Narendra Duhita, Ph.D)

NN/AT