Berita » Memperkuat Kerjasama Luar Negeri: Balitkabi Balitbangtan – Hirata Corporation Jepang

T. Kamogawa dari Hirata Corporation

T. Kamogawa dari Hirata Corporation dalam diskusi secara daring.

Memperluas jejaring riset merupakan tuntutan lembaga riset saat ini. Perancangan kerjasama riset antara Balitbangtan dengan Hirata Corporation (HC) Jepang telah memasuki fase Project Arrangement (PA). Untuk mematangkannya, dilakukan pertemuan secara virtual antara Balitbangtan, termasuk Balitkabi, dengan HC pada tanggal 11 Februari 2021. Pertemuan dipimpin Sekretaris Balitbangtan, dihadiri oleh UK/UPT dibawah Balitbangtan. Kepala Balitkabi, Dr. Ir. Titik Sundari, M.P., hadir pada pertemuan didampingi oleh beberapa peneliti.

Sekretaris Balitbangtan, Dr.  Ir. Haris Syahbuddin, DEA., mengharapkan kerjasama riset dengan HC mendapatkan kesepakatan dan saling menguntungkan semua pihak. Pihak HC yang diwakili oleh T. Kamogawa, mengapresiasi karena semua yang terlibat telah berkerjasama dengan baik dan memberikan respon yang positif.  Ditegaskan oleh Kamogawa, bahwa HC tidak memerlukan material genetiknya, hanya ekstrak atau bagian dari tanaman saja. Diingatkan lagi bahwa fokus HC adalah bermuara pada produk industri.

Usulan proposal dari Balitkabi disampaikan oleh Eriyanto Yusnawan Ph.D., dengan topik Exploration and Mass Production Technology for Maximizing Beneficial Compounds of Indigenous Underutilized Legume and Tuber Crops as Natural Colorant, Pharmacy, Functional Food and Food Industries. Melalui proposal ini diharapkan diperoleh manfaat diantaranya database tanaman aneka kacang dan umbi potensial yang mempunyai nilai ekonomi tinggi sebagai bahan baku industri. Yang menarik selama pertemuan, komoditas Canavalia dan Yellow Konjac, kemungkinan menjadi objek penelitian yang prospektif.

Diskusi juga dilakukan untuk membahas dan menegaskan kembali posisi dari masing-masing pihak dengan memperhatikan regulasi yang berlaku dengan mempertimbangkan keuntungan bersama kedua belah pihak melalui Access and Benefit Sharing (ABS). Pada akhir pertemuan, Kamogawa menyampaikan bahwa proposal dari Balitkabi, Balithi, Balittro, Balitjestro, dan BB Pasca Panen kemungkinan besar diterima dan akan dijalankan. Semoga berhasil.

hirata

Kepala Balitkabi (Dr. Ir, Titik Sundari, M.P.), dan Eriyanto Yusnawan, Ph.D sebagai ketua tim peneliti Balitkabi

hirata3

Diskusi antara Hirata Corporation dengan Balitbangtan

AI/AA