Berita ยป Memperkuat Kinerja PUI Akabi

img_20190214_085118Balitkabi telah ditetapkan sebagai Pusat Unggulan Iptek (PUI) Akabi pada tahun 2015. Untuk memperkuat kinerjanya, pada 14 Februari 2019 dilakukan pertemuan koordinasi PUI Akabi dipimpin oleh Kepala Balitkabi, Dr. Ir. Yuliantoro Baliadi. Pertemuan diikuti oleh Koordinator Program, Pejabat Eselon IV, Peneliti Senior, dan Pengelola PUI Akabi.

Diawali paparan tentang program kerja PUI 2019, penyampaian hasil Rapat Kerja PUI 2019, serta persiapan agenda Perolehan Rekor MURI:999+1 terhadap produk PUI yang termanfaatkan. Berbagai saran masukan yang berupa penguatan sarana prasarana, arus informasi, dokumentasi, outcome, penyusunan katalog produk, dan penguatan media cetak melalui penyediaan pers-room.

img_20190214_085150

Dr.Yuliantoro menyampaikan bahwa sebagai lembaga riset maka keberadaan PUI menjadi penting dan harus dipertahankan. PUI dan KNAPPP merupakan dua sejoli yang harus sering bersinergi di internal Balitkabi. Untuk memberikan pemahaman yang lebih mendalam, perlu dilakukan internalisasi program dan target-target output dari PUI, serta agar semua pejabat memberikan dukungan penuh terhadap capaian PUI Akabi. PUI Akabi harus semakin kuat dan independen. Kelompok-kelompok peneliti, harus semakin kuat dan nyata memberikan dukungan terhadap kebutuhan balai, termasuk PUI, juga harus memperkuat fungsi kesekretariatan kelompok peneliti. Lembaga yang telah ditetapkan sebagai PUI, termasuk Balitkabi, saatnya memperlihatkan perubahan.yaitu harus memiliki kecepatan yang berbeda dengan lembaga yang belum meraih PUI.

img_20190214_085204

Kasi Jasa Penelitian BS. Koencoro, S.P., M.Kom., menyampaikan tahun 2019 akan memperkuat diseminasi dan hilirisasi, termasuk berbagai ruang pamer yang ada di Balitkabi. Dengan demikian diharapkan mitra Balitkabi akan segera mengenal dan mudah mendapatkan informasi tentang produk riset akabi.

 

MMA