Berita » Memperkuat Penyediaan Benih Kedelai Di Sulawesi Selatan

dele-sulsel_1

Penyediaan benih kedelai berkualitas salah satunya dibangun sistem perbenihan JABALSIM (Jalur Benih Antar Lapang dan Musim) dan menumbuhkan penangkar-penangkar benih kecil di perdesaan. Langkah awal  penting adalah meningkatkan kemampuan dan ketrampilan petani/kelompok tani dan petugas perbenihan di daerah dalam memproduksi benih, mulai dari budidaya, prosessing, hingga sertifikasi dan pemasaran/distribusinya.

 

Pembimbingan ditujukan untuk meningkatkan kemampuan dan ketrampilan petani atau kelompok tani dan petugas yang terkait dengan produksi benih kedelai  di daerah. Peserta pembimbingan 30 petani (pengurus dan/atau anggota kelompok tani) dan petugas yang terkait dengan produksi benih kedelai yang mengikuti kegiatan bimbingan peningkatan kemampuan dan ketrampilan untuk memproduksi benih meningkat, dalam hal: (1) mengenali varietas unggul kedelai dan cara pemurnian pertanamannya, (2) cara budidaya dan pengelolaan OPT, (3) teknik prosesing, (4) mengananisis usahatani benih kedelai, (5) memahami tata cara/prosedur  sertifikasi benih, serta (6) pemasaran/distribusi benih.

Kegiatan peningkatan kemampuan dan ketrampilan petani (pengurus dan/atau anggota kelompok tani) dan petugas perbenihan di daerah dalam produksi benih dilaksanakan di Balitsereal Maros (Sulawesi Selatan), selama dua hari pada tanggal 26 –  27  April 2012. Materi disampaikan melalui pengajaran dalam kelas/ruangan berupa tatacara produksi benih kedelai berkualitas serta praktek di lapangan untuk mengenal varietas unggul kedelai dan kegiatan pemurnian varietas/roguing.

Tim pelaksana pembimbingan produksi benih kedelai dari Balitkabi di ketuai oleh Prof. Dr. Subandi ahli budidaya tanaman kedelai, dibantu Prof. Dr. Marwoto ahli hama dan penyakit kedelai, Dr. Titik Sundari ahli pemuliaan tanaman, Nia Romania Patriyawati, SP., Ir. Fachrur Rozi, MS ahli sosial ekonomi, BPSB  dan PT Sang Hyang Sri. Respon petani dan petugas (PPL, Dinas) sangat positif, merasa banyak manfaatnya dan belum pernah mendapatkan bimbingan dalam upaya produksi benih kedelai.


Prof. Dr. Marwoto mewakili Ka Balitkabi, Dr. Herman Subagio Ka Balitsereal, dan Prof. Dr.  Subandi penanggung jawab Pembimbingan produksi benih kedelai

Proses pembimbingan peningkatan kemampuan dan ketrampilan petani dan petugas pertanian dalam memproduksi benih kedelai

Contoh Pertanaman kedelai 10 varietas dengan berbagai macam karakter untuk lahan praktek pembimbingan produksi benih kedelai