Berita » Memperkuat Produksi Kedelai di Bali

serah_benih_bali_3

Pulau Bali, pernah menjadi primadona produksi kedelai. Walaupun kini luas tanam menurun, namun di beberapa lokasi, petani masih berminat menanam kedelai. Agar budidaya lebih bergairah lagi, Balitkabi memberikan dukungan berupa bantuan benih FS kedelai sebanyak 1.5 ton.  Bantuan benih kedelai diberikan kepada Dinas Pertanian Kabupaten Tabanan. Benih diserahkan langsung oleh Ir. Anwari MS, pemulia Balitkabi kepada Dinas Pertanian Tabanan, didampingi oleh peneliti BPTP Bali.

 

 

Bantuan benih sebanyak 1.5 ton, terdiri dari tiga varietas: Kaba, Argomulyo, dan Anjasmoro, masing-masing 500 kg.  Menurut I Putu Suprapta SP, PPL setempat, benih akan didistribusikan kepada petani di Subak Sungi II, Desa Abiantuwung, Kediri, Kabupaten Tabanan. Pola tanam yang selama ini dipertahankan adalah padi – padi – palawija. Menurut Pak PPL, penanaman kedelai bulan Februari memberi hasil yang lebih baik, karena pada umumnya infestasi hama/penyakit sangat rendah.

Ir Anwari, M.S., Direktur UPBS Balitkabi menyerahkan benih FS kepada petani kedelai di Bali, yang diterima
oleh Ir. Bagus Swastika, M.S., dari BPTP Bali.


Menurut para petani kedelai, selama ini mereka menggunakan benih asalan, dibeli di pasar. Petani sebetulnya menginginkan benih yang lebih baik, namun tidak tahu di mana harus membeli.  Bantuan benih kedelai dari Balitkabi, apalagi bersertifikat, membuat petani sangat senang dan antusias menanam kedelai.

Ir Suluh Pambudi, staf UPBS Balitkabi menjelaskan varietas yang diserahkan kepada Ir. Bagus Swastika, M.S.,
dari BPTP Bali.


Di Tabanan, sebagian besar petani menyukai varietas Anjasmoro, alasannya selain bijinya besar, hasil bijinya juga lebih tinggi dibandingkan Wilis. Anjasmoro bisa menghasilkan biji hingga 1.80 t/ha, lebih tinggi dari Wilis hanya 1.50 t/ha. Yang menjadi masalah petani umumnya menanam kedelai secara sebar, belum biasa menanam teratur menggunakan tugal. Nampaknya masih diperlukan pembelajaran dan percontohan menanam kedelai.

MMA/Suluh/Anwari/Win