Berita ยป Mendaratkan Inovasi Akabi di BPP

Tim Balitkabi Bersama Kepala BPTP Balitbangan NTB

Tim Balitkabi Bersama Kepala BPTP Balitbangan NTB

Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) memiliki peran strategis dalam mewujudkan kedaulatan pangan nasional dan Kementerian Pertanian, gencar menggaungkan program Kostratani (Komando Strategis Pembangunan Pertanian). Balitkabi sebagai salah satu UPT Balitbangtan bertindak sebagai penghasil inovasi tanaman aneka kacang dan umbi (akabi), berkesempatan berkunjung ke BPTP Balitbangtan NTB dan dilanjutkan dengan kunjungan ke BPP Gunungsari (Lombok Barat) dan BPP Praya Barat (Lombok Tengah). Kunjungan tersebut dipimpin Kepala Seksi Jasa Penelitian (B.S. Koentjoro), diikuti oleh Koordinator Program (Eriyanto Yusnawan) dan pemulia kedelai (Muchlish Adie).

Kecamatan Gunungsari merupakan salah satu sentra kedelai di Lombok Barat, dan disampaikan oleh Koordinator Penyuluh BPP Gunungsari, bahwa saat ini luas tanam kedelai menurun. Tim Balitkabi menyampaikan inovasi terbaru yang telah dhasilkan oleh Balitkabi, dan juga diserahkan publikasi akabi untuk memperkuat BPP sebagai bagian dari Kostratani. Informasi terbarukan memang menjadi tuntutan keberadaan BPP yang memiliki peran sebagai : (1) pusat data dan informasi, (2) pusat gerakan pembangunan pertanian, (3) pusat pembelajaran, (4) pusat konsultasi agribisnis dan (5) pusat pengembangan jejaring kemitraan. Tim Balitkabi diminta hadir pada pertemuan kedelai dengan petani yang saat ini mengembangkan varietas BioSoy.

Selain di Lombok Barat, kedelai di NTB juga terpusat di Lombok Tengah. Saat kunjungan ke BPP Praya Barat, disampaikan oleh Kepala BPP bahwa musim ini luas kedelai di Kecamatan Praya Barat lebih dari 1000 ha. Petani masih antusias menanam kedelai setelah padi. Pada kesempatan ini juga disampaikan berbagai publikasi akabi yang harapannya menjadi acuan bagi jajaran penyuluh pertanian. Varietas kedelai yang ditanam petani masih Anjasmoro, yang sumber benihnya sebagian besar belum bersertifikat. Keingintahuan untuk mencoba varietas kedelai baru sangat diharapkan agar petani memiliki pilihan apalagi terhadap varietas kedelai yang berumur genjah.

Semoga inovasi akabi terus berada di lahan petani.

bpp1 bpp2
Tim Balitkabi di BPP Gunungsari, Lombok Barat
bpp3 bpp4
Tim Balitkabi di BPP Praya Barat, Lombok Tengah

MMA