Berita ยป Mendiseminasikan inovasi kacang dan umbi pada Pentas Hortikultura 2012

pentas_hort3

Dalam rangka mengomunikasikan inovasi kacang-kacangan dan umbi-umbian, Balitkabi terus mengikuti kegiatan atau menyelenggarakan diseminasi. Dengan tujuan diseminasi tersebut, Balitkabi menggelar visitor plot dan pameran pada Pentas Hartikultura 2012 di KP Subang, Jabar.

Acara pentas Hortikultuta pada tanggal 4 Juli 2012 dibuka oleh Mentan yang diwakili oleh Ka Badan Litbang, dihadiri oleh Dirjen Hortikultura, Bupati Subang, Wakil Gubernur Jabar, petani, pelajar dan masyarakat setempat.

Tiga varietas kacang tanah (Talam, Hypo-1 dan Hypo-2), lebih empat varietas kedelai (Grobogan, Argomulyo, Gema, dan Galur Harapan toleran naungan), tiga varietas kacang hijau (Vima-1, Sriti, dan Kutilang) dibudidayakan pada petak unjuk teknologi di lapang. Penenaman mengikuti model double row sepanjang 50 cm, dengan jarak tanam (50 x 30 x 20) cm. Untuk uji toleransi naungan, kacang-kacangan ditanam di bawah pohon durian, yang jarak antarpohon 9 x 9 m, pada tingkat naungan antara 20 hingga 35%.

Antusiasme pengunjung ke visitor plot Balitkabi cukup besar. Demikian pula pengunjung di gerai produk pangan dari bahan utama kacang dan umbi cukup membanggakan.

Fisitor plot komoditas kacang tanah varietas Talam dan Hypoma-2 di Pentas Hortikultura tahun 2012, Subang.

Fisitor plot komoditas kedelai varietas Gema dan Argomulyo di Pentas Hortikultura tahun 2012, Subang.

Selain visitor plot, Balitkabi Malang juga menyajikan gerai yang menampilkan berbagai varietas kedelai, kacang tanah, kacang hijau, ubi jalar, kacang tunggak) serta produk olahan berbahan utama umbi-umbian seperti ubi jalar (onde-onde, kue kering, martabak manis, dan selai), ganyong (kue kering) dan ubi kayu (kue kering).

Aneka produk olahan berbahan utama kacang dan umbi dan antusiasme siswa SD saat berkunjung ke gerai Balitkabi
di Pentas Hortikultura 2012