Berita ยป Mendorong Pengembangan Ubijalar di PTPN XII

a_ptpn12_gab_1

Agar segera menjadi inovasi yang diterapkan di lahan, sebagaimana ditekankan oleh Kepala Badan Litbang Pertanian, diseminasi hasil-hasil penelitian kacang-kacangan dan umbi-umbian terus diperluas. Untuk itu, atas undangan pabrikan dan eksportir ubijalar, PT Esok Cerah Gemintang (ECG), agronomis umbi-umbian, Ir Yudi Widodo, M.S, dibantu oleh Ir Achmad Winarto, menjadi nara sumber budidaya ubijalar di PTPN 12. Presentasi dan penjelasan di lapang dilakukan di Kebun Ngrangkah Pawon, Plosoklaten Kab Kediri, 14 Februari 2013.

Dalam paparannya, Pak Yudi menjelaskan secara rinci tentang varietas,persiapan dan pengolahan tanah hingga tanam, serta pemeliharaan yang mencakup: pemupukan, pengairan, dan pengendalian hama/penyakit ubijalar. Pemilihan varietas yang akan ditanam, jelas pak Yudi, hendaknya mempertimbangkan kebutuhan pasar. Karena PTPN 12 bekerjasama dengan PT ECG, maka persyaratannya harus diikuti. Karena dengan rencana penanaman lebih dari 200 hektar di seluruh kebun PTPN 12 di Jawa Timur, maka kemelimpahan produksi harus dipikirkan pemasarannya.”Kami sudah memiliki varietas untuk tujuan ekspor ke Jepang”, tutur Mohammad Kurnia, Direktur PT ECG. Varietas ini yang akan ditanam oleh Kebun-kebun PTPN 12.

Di lapang praktik pak Yudi berbagi pengalaman dengan 20 Manajer dan Staf Kebun Ngrangkah Pawon, Pancursari, Bangelan, Renteng, Silosanen, Pancur Anggrek, Malangsari, Sumberjambe, Kaliselogiri, wilayah PTPN 12 pada pertanaman ubijalar di bawah karet. Beliau menunjukkan tata cara pengambilan stek, tanam, pemupukan, dan menjelaskan beberapa hama dan penyakit yang menyerang ubijalar serta pengendaliannya.

Sebelumnya pada acara pembukaan, Ir Suwarno, Direktur Budidaya PTPN 12 menjelaskan bahwa dengan penanaman ubijalar di bawah tegakan tanaman pokok: karet, kopi, dan coklat, diharapkan terdapat penambahan pendapatan di Kebun kita. Untuk itu diminta seluruh kebun menyiapkan budidayanya secara intensif, “…. namun jangan mengganggu tanaman pokoknya”, tegas Pak Suwarno.

Pada akhir acara Pak Kurnia Direktur PT ECG memaparkan potensi ekspor ubijalar ke Jepang, Korea, dan negara potensial lainnya, berdasarkan data dan pengalaman ekspor yang telah dilakukan selama ini.

Mari perluas pengembangan umbi-umbian menjadi potensi yang menjanjikan.Semoga sukses PTPN 12!

AW