Berita ยป Menera Pupuk Hayati Unggulan Nasional

Beragam upaya terus dilakukan untuk memperkuat posisi produksi dan nilai keekonomian pertanian nasional, termasuk komoditas kedelai. Salah satu terobosannya, Badan Litbang Pertanian bersama dengan Komite Inovasi Nasional membentuk Korsorsium Pengembangan Inovasi Pupuk Hayati Unggulan Nasional (PHUN).

Kegiatan Korsorsium PHUN selama 2011 dan 2012 berhasil memadukan dan menguji beragam inovasi yang dihasilkan inventor yang tidak hanya berasal dari Badan Litbang Pertanian, juga dari perguruan tinggi dan Lembaga Pemerintah Non Kementerian (LIPI, BPPT) untuk cakupan komoditas padi, kedelai, dan cabai. Pada kurun waktu tersebut, Balitkabi mengikutsertakan inovasi Iletrisoy untuk kedelai di lahan masam, yang awalnya diinisiasi oleh Dr. Muchdar Sudarjo dan diteruskan oleh tim peneliti Balitkabi.

Pencanangan produksi dari PHUN akan dilaunching pada tahun 2014. Karenanya dilakukan workshop penyusunan program kegiatan PHUN tahun 2013 di Puslitbangtan 31 Januari 2013. Selain dihadiri oleh pihak KIN, juga hadir peneliti dari Badan Litbang Pertanian (termasuk BPTP), IPB, UNPAD, LIPI, BPPT dan KNRT. Terdapat dua kegiatan utama pada tahun 2013 yakni scalling up terhadap PHUN yang telah diuji 2011 dan 2012 dan pengujian efektivitas terhadap PHUN baru. Cakupan komoditasnya juga diperluas menjadi padi, kedelai, cabai, kentang dan tebu. Badan an Litbang Pertanian bekerjasama tetap memberikan dukungan penuh dari sisi pendanaan untuk PHUN.

Workshop PHUN diawali dengan Pengenalan korsorsium PHUN Badan Litbang Pertanian dan hasil yang diperoleh selama 2 tahun oleh Prof. Dr. Djoko Said Damardjati, kemudian dilanjutkan dengan pemaparan Prof. Suyamto tentang Pogram penelitian scalling up 2013; juga disampaikan tentang pengujian efektivitas inovasi PHUN baru.

Khusus untuk komoditas kedelai, scalling up Iletrisoy untuk lahan masam akan dilakukan di Jambi dan Kalimantan Selatan. Empat PHUN yang akan diuji adalah Iletrisoy, Kedelai Plus, Agrimeth dan Biopeat. Sedangkan untuk lahan sawah akan dilakukan di Jawa Tengah dan Jawa Timur dengan menguji beberapa PHUN yaitu Probio Compost, Kedelai Plus, Agrimeth dan Biopeat. Pelaksanaan lapang scalling up PHUN dikoordinasikan oleh BPTP. Balitkabi juga mengikutsertakan PHUN baru pada uji efektivitas tahun 2013. Semoga berhasil.

MMA/AW