Berita » Menggugah Kreasi Olahan Pangan Aneka Umbi Melalui Bimtek Padat Karya

Camat Pakisaji, Kepala Desa Wadung dan Ketua Penggerak PKK Desa Wadung, didampingi Kepala Balitkabi di depan display produk olahan pangan dari aneka umbi

Camat Pakisaji, Kepala Desa Wadung dan Ketua Penggerak PKK Desa Wadung, didampingi Kepala Balitkabi di depan display produk olahan pangan dari aneka umbi

Peluang peningkatan ekonomi masyarakat memang harus dipacu, yang salah satunya melalui program Kementerian Pertanian berupa Gerakan Padat Karya. Tanggal 12 Maret 2021, Balitkabi melaksanakan Bimtek Padat Karya, bertemakan “Percepatan Diseminasi Inovasi Produk Olahan Aneka Kacang dan Umbi”, bertempat di pendopo Balai Desa Wadung, Kecamatan Pakisaji, Kabupaten Malang. Acara ini diikuti oleh 50 orang wanita tani yang berasal dari tiga dusun, yakni Dusun Wadung, Kasikon, dan Putuk Rejo, dan juga dihadiri oleh penyuluh pertanian serta aparat desa. Bimtek dibuka oleh Kepala Desa Wadung yang dalam sambutannya sangat berterimakasih kepada Kepala Balitkabi, karena bersedia mengabulkan permohonannya untuk melaksanakan bimtek pengolahan pangan berbasis aneka umbi di desanya. Apresiasi yang tinggi juga disampaikan terkait panen raya demplot perbenihan kacang tanah yang sebelumnya telah dilaksanakan di Desa Wadung dengan bimbingan teknis dari Balitkabi.

Kepala Balitkabi, Dr. Ir. Titik Sundari, M.P., berharap agar bimtek ini dapat memberikan manfaat dan dikembangkan lebih lanjut oleh ibu-ibu di Desa Wadung. Camat Pakisaji yang juga hadir dalam kegiatan ini mengharapkan agar ibu-ibu peserta bimtek olahan pangan dari aneka kacang dan umbi ini dapat mengembangkannya menjadi usaha skala rumah tangga. “Olahan pangan ini nantinya dapat ditampilkan dan dikemas semenarik mungkin, sehingga dapat memberikan nilai tambah pada produknya sekaligus pendapatan keluarga”, tegas Pak Camat. Ditambahkan juga, bahwa pihak kecamatan siap memfasilitasi terkait perijinan usaha produk jika ibu-ibu ini sudah dapat berproduksi.

Semangat yang disuntikkan oleh petinggi-petinggi tersebut ternyata ampuh menyemangati ibu-ibu wanita tani mengikuti kegiatan bimtek dari awal sampai akhir. Kegiatan inti bimtek diawali dengan presentasi pengenalan aneka umbi dan olahannya yang disampaikan oleh Ir. Joko Susilo Utomo, M.P., Ph.D. (komoditas ubi kayu), Ir. Erliana Ginting, M.Sc. (komoditas ubi jalar), dan Dian Adi Anggraeni Elisabeth, S.TP., M.AgrSc. (komoditas umbi potensial), dilanjutkan dengan sesi display produk olahan pangan dari aneka umbi, antara lain olahan ubi kayu seperti tiwul instan dan brownies, olahan ubi jalar seperti onde-onde, mie, es krim, kue mangkok, serta kue kering (lidah kucing, choco chips, bola-bola cassava,) dari tepung ubi jalar dan ubi kayu, kue semprit dari pati garut serta sweet potato stick dan DC cress dari pasta ubi jalar dan mbote/kimpul. Produk ini sangat menarik perhatian ibu-ibu, bahkan anak-anak ikut datang di balai desa untuk mencicipinya, sehingga semuanya habis tak bersisa.

Tidak kalah seru juga saat ibu-ibu secara bergantian mengikuti praktek pembuatan onde-onde dari ubi jalar ungu, brownies dari ubi kayu segar, dan mie mbote yang dipandu oleh Lina Kusumawati, S.P. dan Ria Gustina Fitraninda, A.Md. sebagai instruktur. Tanpa lelah dan bosan, di sela-sela praktek, ibu-ibu mengajukan pertanyaan-pertanyaan terkait proses pembuatan produk olahan pangan berbahan aneka umbi agar mereka lebih paham tentang tips dan trik keberhasilan mengolah aneka makanan dari umbi. Salah seorang dari peserta merupakan pengurus koperasi syariah, sehingga berpeluang untuk membentuk kelompok usaha dan memasarkannya melalui koperasi, di samping menyajikan konsumsi pada acara-acara rutin kelurahan. Kegembiraan dan semangat ibu-ibu masih berlanjut ketika mereka diminta membawa pulang hasil buatan mereka sendiri pada saat praktek, sehingga dapat berbagi cerita dan rasa kepada keluarga di rumah tentang kegiatan bimtek hari ini. Di penghujung acara, Balitkabi diwakili oleh Ir. Joko Susilo Utomo, M.P., Ph.D. menyerahkan bingkisan berupa kue kering kepada Ketua Tim Penggerak PPK Desa Wadung.

Semoga bimtek olahan pangan dari aneka umbi ini bermanfaat bagi Desa Wadung.

Ibu berkreasi.. Makanan sehat tersaji. Keluarga senang.. Cuan pun datang..

DAAE/EG

Pembukaan acara bimtek oleh Camat Pakisaji, Kepala Desa Wadung, dan Kepala Balitkabi

Pembukaan acara bimtek oleh Camat Pakisaji, Kepala Desa Wadung, dan Kepala Balitkabi

Penyajian materi presentasi pengenalan aneka umbi dan produk olahannya oleh Ir. Erliana Ginting, M.Sc.

Penyajian materi presentasi pengenalan aneka umbi dan produk olahannya oleh Ir. Erliana Ginting, M.Sc.

Praktek pengolahan aneka pangan dari umbi dipandu Lina Kusumawati, S.P.

Praktek pengolahan aneka pangan dari umbi dipandu Lina Kusumawati, S.P.

Penyerahan bingkisan kepada Ketua Penggerak PKK Desa Wadung

Penyerahan bingkisan kepada Ketua Penggerak PKK Desa Wadung