Berita » Menjadikan Jawa Timur Pusat Agribisnis Terkemuka di Asia Tenggara

1-krida-1

Provinsi Jawa Timur telah berkomitmen jelas dan tegas dalam jangka panjang menjadikan Jawa Timur sebagai pusat agribisnis yang terkemuka di Asia Tenggara.  Untuk mewujudkan cita-cita tersebut diperlukan kerja keras bagi institusi pertanian, petani, dan lembaga masyarakat yang bergerak di bidang pertanian. Kerja keras tidak hanya dilakukan di lapangan (on farm), tetapi juga pada pascapanen dan pengolahan hasil (off farm), dengan meningkatkan kinerja pengolahan hasil, pengepakan, dan kemasan. Dengan upaya komprehensif tersebut diharapkan akan meningkatkan nilai tambah produk pertanian untuk kesejahteraan petani. Gubernur Provinsi Jawa Timur juga menyatakan mendukung sepenuhnya program Kementerian Pertanian surplus 10 juta ton beras.

 

Demikian sambutan Gubernur Jawa Timur yang dibacakan oleh Bapak Hadi Prasetyo, Asisten II Prov Jatim, pada Puncak Acara Hari Krida Pertanian (HKP) ke-40 di Prov Jawa Timur di halaman Dinas Pertanian Tanaman Pangan Provinsi Jawa Timur, 10 Juli 2012. Dengan tema “Dengan Semangat Hari Krida Pertanian Kita Tingkatkan Komitment dan Kepedulian dalam Mewujudkan Diversifikasi Pangan Menuju Kesejahteraan Petani”, HKP 2012 ini dihadiri lebih dari 500 orang, terdiri dari Kepala dan dan jajaran Dinas Pertanian Tanaman Pangan Jawa Timur, Bappeda, Badan Ketahanan Pangan, Kepala dan jajaran Dinas Pertanian Kabupaten dan Kota se-Provinsi Jawa Timur, wakil-wakil Kelompok Tani seluruh Kabupaten/Kota se-Jawa Timur, Balai Penelitian dari lingkup Badan Litbang Pertanian di Jawa Timur. Hadir pula sebagai undangan Prof. Dr. Marwoto dari Balitkabi.

Pada kesempatan ini, Gubernur Jatim juga memberikan penghargaan kepada insan pertanian yang terdiri dari Kelompok Tani, Penangkar Benih, Penyuluh, Ekportir Palm dan lembaga pertanian yang telah berprestasi dalam pembangunan pertanian di Jawa Timur.

Asisten II Gubernur Jawa Timur dan Kepala Diperta Jawa Timur mencanangkan dan mensosialisasikan buah non impor yang kualitasnya lebih baik dari buah impor.


Mewakili Gubernur, Asisten II Gubernu Jawa Timur menyampaikan penghargaan kepada insan pertanian berprestasi (kiri), dilanjutkan peninjauan ke gerai pameran bahan pangan lokal yang dikemas dalam  bentuk produk olahan.


Prof. Marwoto, Kepala Diperta Prov. Jawa Timur dan Asisten II Gubernur Jawa Timur dalam peringatan HKP ke-40 di halaman Dinas Pertanian Tanaman Pangan Jawa Timur Surabaya.

Selamat ber-Hari Krida Pertanian!