Berita » Menjelang GITA 2021

gita1 gita2
IP2TP Muneng Probolinggo

Gelar Inovasi Teknologi Akabi (GITA 2021) yang dirangkai dengan peresmian IP2TP Muneng akan digelar tanggal 26 Juni 2021. IP2TP Muneng merupakan satu dari lima IP2TP yang berada di bawah Balitkabi Balitbangtan. GITA 2021 mengusung tema Hilirisasi Teknologi Akabi Mendukung Pemulihan Ekonomi Nasional dan Peningkatan Kesehatan Masyarakat. Rangkaian agenda GITA 2021 adalah gelar lapang komoditas akabi, peresmian IP2TP Muneng, pelepasan ekspor ubi jalar dan kecap, penandatanganan MoU, pameran, dan webinar series.

Selaras dengan tema GITA 2021, maka peragaan gelar inotek berkonsepkan hulu-hilir. Varietas produk Balitbangtan yang digelar di lapang adalah varietas yang telah digunakan oleh industri, baik sebagai bahan baku produk, komoditas ekspor maupun yang telah dilisensi untuk produk benih sumbernya. Peragaan varietas tersebut diantaranya varietas kedelai hitam Detam 1 (bahan baku kecap CV. Mustika Digdaya), varietas kacang tanah Litbang Garuda 5 (bahan baku salah satu produk PT. Garuda Food), varietas kacang hijau Vima 4 dan Vima 5 (dilisensi oleh CV. Semi) dan varietas ubi jalar Beta 2 dan Antin 2 (sebagai bahan baku produk olahan dan umbi ekspor oleh CV. Arindo Makmur). Beberapa produk inovasi Balitbangtan tersebut, tidak hanya berpotensi sebagai upaya pemulihan ekonomi nasional, namun juga berfungsi sebagai pangan fungsional yang bermanfaat untuk kesehatan manusia.

Inotek Balitbangtan tersebut tidak hanya diperagakan di lapang, namun juga dihilirisasikan melalui pameran. Bahkan pada GITA 2021 juga akan diberikan bantuan sebanyak 10 ton benih kedelai kepada 10 produsen benih yang berasal dari Jateng, DIY, dan Jatim.

Melalui GITA 2021, inotek Balitbangtan segera tersampaikan kepada pengguna.

AK

gita3 gita4 gita5
gita6 gita7 gita8
Peragaan lapang komoditas akabi pada GITA 2021.