Berita ยป Mentan Serahkan Bantuan Alsintan ke Petani di Kabupaten Malang

Arahan Mentan, Dr. Syahrul Yasin Limpo, pada acara penyerahan bantuan alsintan

Arahan Mentan, Dr. Syahrul Yasin Limpo, pada acara penyerahan bantuan alsintan

Menteri Pertanian, Dr. H. Syahrul Yasin Limpo, S.H., M.Si., M.H., kembali mengunjungi Kabupaten Malang pada hari Selasa, 18 Mei 2021. Pada kesempatan ini, Mentan SYL menyerahkan bantuan alat mesin pertanian (alsintan) kepada para petani di Desa Kanigoro, Kecamatan Pagelaran, Kabupaten Malang, sebagai tindak lanjut kunjungan Presiden RI, Joko Widodo, pada bulan April 2021. Alsintan yang diserahkan terdiri dari mobil pick-up, power thresher multikomoditi, 4 unit hand tractor, 2 unit combine harvester, vertical dryer, dan automatic packing lengkap dengan bangunan tempat penggilingan padi dengan vertical dryer, dengan total nilai 40,162 milyar.

Acara dihadiri oleh Bupati Malang (Drs. H.M. Sanusi, M.M.), Wakil Bupati, perwakilan Distan Propinsi Jawa Timur, Bulog Jatim, dan Kepala UK UPT di bawah lingkup Kementerian Pertanian yang ada di Jawa Timur, termasuk Kepala Balitkabi, Dr. Ir. Titik Sundari, MP. Bupati Malang dalam sambutannya melaporkan, Kabupaten Malang merupakan salah satu kabupaten penghasil hortikultura terbaik dengan berbagai produk unggul yang telah mendapatkan pengakuan secara nasional, diantaranya alpukat dan pisang. Untuk tanaman padi, Kabupaten Malang telah menjadi salah satu demplot penting untuk diseminasi VUB yang dihasilkan oleh universitas-universitas dari seluruh Indonesia, demikian juga VUB yang dihasilkan Balitbangtan. Dalam kesempatan ini, juga disampaikan ucapan terima kasih kepada Presiden dan Mentan yang telah memberikan perhatian khusus kepada Kabupaten Malang.

Mentan SYL dalam arahannya menyampaikan, pemberian bantuan alsintan dimaksudkan bukan untuk menggantikan atau menggusur tenaga kerja manusia, namun harus dimanfaatkan secara optimal dengan dikombinasikan dengan tenaga kerja yang terampil, sehingga terjadi akselerasi peningkatan produksi pertanian, berkurangnya kehilangan hasil, yang berujung pada peningkatan kesejateraan petani. Lebih lanjut disampaikan, alsintan yang diberikan harus dapat dimanfaatkan secara maksimal dengan tetap memperhatikan pemeliharaannya, jika memungkinkan pemanfaatan alsintan juga mendatangkan nilai tambah bagi kelompok tani, sehingga nantinya dapat menambah jumlah dan ragam alsintan yang dimiliki secara mandiri. Sebagai penutup disampaikan, petani di Kabupaten Malang harus banyak bersyukur, karena dikaruniai tanah yang subur, air yang tersedia, tenaga kerja tersedia, dan suasana yang aman, sehingga seharusnya dengan kerja dan usaha terus menerus, Kabupaten Malang dapat menjadi salah satu ujung tombak pertanian di Indonesia.

AI

Mentan menyerahkan secara simbolis combine harvester kepada perwakilan kelompok tani

Mentan menyerahkan secara simbolis combine harvester kepada perwakilan kelompok tani

 

kanigoro2 kanigoro3 kanigoro4
kanigoro5 kanigoro6 kanigoro7
Bantuan alsintan: mobil pickup, vertical dryer dan automatic packing, hand tractor, combine harvesters, dan thresher.