Berita ยป Menuju UPBS High Profile, Tim UPBS Jawa Tengah Menimba Ilmu ke Balitkabi

1-abptpjateng

Dalam rangka mewujudkan UPBS yang high profile, tim UPBS BPTP Jawa Tengah melakukan kunjungan/studi banding ke UPBS Balitkabi, Jumat, 25 Januari 2013. Tim terdiri dari enam orang pemegang jabatan di UPBS BPTP Jawa Tengah datang ke Balitkabi dikomandani langsung oleh Kepala BPTP Jawa Tengah, Dr. Ir. Tri Sudaryono, MS. Kunjungan dimaksudkan untuk menimba pengalaman UPBS Balitkabi, bagaimana kiat-kiat UPBS Balitkabi dalam mengelola UPBS hingga berhasil mencapai sertifikat ISO 9001:2008 dan dapat meningkatkan capaian target yang dibebankan ke UPBS dari tahun ke tahun.

Tim UPBS BPTP Jawa Tengah diterima langsung oleh Kepala Balitkabi, Dr. Ir. M. Muclish Adie, MS. selaku Direktur UPBS didampingi Wakil Direktur (Ir. M. Anwari MS), Manajer Administrasi dan Keuangan (Dr. Titik Sundari) dan Manajer Pemasaran (Herdina Pratiwi, SP). Dalam sambutannya, Dr. Ir. M. Muclish Adie, MS., menyatakan bahwa UPBS Balitkabi menerima dengan tangan terbuka, kapan saja BPTP Jawa Tengah membutuhkan bantuan karena Balitkabi juga merupakan rumah BPTP. Kesuksesan UPBS merupakan kerja sama yang solid antara para staf dan komitmen yang tinggi dari tim untuk bekerja mewujudkan visi dan misi yang telah ditetapkan.


Diawali dengan pemaparan oleh Wakil Direktur UPBS Balitkabi, tentang Visi Misi UPBS Balitkabi, struktur organisasi, prosedur pelaksanaan produksi benih dari tanam sampai dengan pascapanen, diskusi dilanjutkan dengan pemaparan Dr. Titik Sundari selaku penanggung jawab SMM UPBS tentang perjuangan UPBS Balitkabi dalam mempersiapkan dokumen untuk mendapatkan ISO 9001:2008. Dokumen yang telah disusun merupakan pedoman yang harus diterapkan dengan disiplin karena akan mempengaruhi kelangsungan sertifikasi mandiri selanjutnya. Sertifikasi sistem mutu yang telah diperoleh oleh UPBS Balitkabi merupakan konsekuensi yang harus dilaksanakan untuk mencapai sasaran mutu yang telah ditetapkan. Untuk mendukung semua itu, rekaman setiap kegiatan sangat penting untuk memudahkan cek-balik apabila terjadi ketidaksesuaian.

Selanjutnya Tim UPBS BPTP Jateng mengunjungi kantor dan gudang penyimpanan benih UPBS serta gedung baru UPBS. Tim UPBS dari BPTP Jawa Tengah sangat takjub dengan prosedur yang telah dijalankan di UPBS dan rencana pembangunan gedung baru UPBS. Gedung baru tersebut bagi mereka mencerminkan kesungguhan Badan Litbang untuk mewujudkan UPBS yang high profile. Hal tersebut juga menginspirasi mereka untuk segera mempersiapkan segala pendukung untuk mencapai UPBS yang high profile.

Herdina/Sundari/AW