Berita ยป Menutup Kegiatan Tahun 2021, Balitkabi Selenggarakan Seminar Hasil Penelitian dan Diseminasi

Seminar Hasil Penelitian dan Diseminasi merupakan bentuk evaluasi capaian kinerja dan pertanggungjawaban kegiatan penelitian/diseminasi. Pada Kamis, 30 Desember 2021, Balitkabi menyelenggarakan Seminar Hasil Penelitian dan Diseminasi Tahun 2021.

Seminar diselenggarakan secara luring dan daring, diikuti oleh Kepala Balitkabi, Kasubbag TU, Sub Koordinator Substansi Jaslit, Sub Koordinator Substansi Yantek, Koordinator Program, Ketua Kelti, para penanggung jawab kegiatan penelitian dan diseminasi tahun 2021, serta seluruh ASN Balitkabi.

Mengawali seminar hasil, Koordinator program menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan agenda rutin tahunan yang bertujuan untuk melihat capaian IKU yang telah ditetapkan diawal tahun.

Plt. Kepala Balai Dr. Ir. Titik Sundari, M.P. saat memberikan arahan dan pembukaan seminar akhir tahun hasil penelitian / diseminasi tahun 2021

Plt. Kepala Balai Dr. Ir. Titik Sundari, M.P. saat memberikan arahan dan pembukaan seminar akhir tahun hasil penelitian / diseminasi tahun 2021

Selanjutnya pembingkaian sekaligus pembukaan oleh Plt. Kepala Balitkabi, Dr. Ir. Titik Sundari, M.P. Beliau menyampaikan apresiasi kepada para penanggungjawab RPTP/RDHP/PEN/Kerjasama dan tim yang telah menyelesaikan tugasnya dan dapat mencapai target yang telah ditetapkan. Seminar hasil merupakan bentuk pelaporan dan pertanggungjawaban penggunaan anggaran DIPA 2021.

Peserta Seminar Hasil secara luring (kiri) dan daring (kanan)

Peserta Seminar Hasil secara luring (kiri) dan daring (kanan)

Seminar Hasil tersebut terbagi menjadi lima sesi presentasi. Hasil capaian dipresentasikan dari 12 judul penelitian dan diseminasi kegiatan in-house aneka kacang dan umbi, 2 kegiatan program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN), dan 1 kegiatan kerjasama Internasional.

Selain penyampaian hasil penelitian dan diseminasi, pada sesi terakhir disampaikan juga Laporan Triwulan IV Pembangunan Zona Integritas Balitkabi dan pencapaian Perjanjian Kinerja (PK) dan Indikator Kinerja Utama (IKU) Balitkabi tahun 2021 oleh Sub Koordinator Substansi Yantek dilanjutkan Laporan Triwulan IV Pelaksanaan SNI ISO 9001: 2015 Balitkabi oleh Kasubbag TU.

Hingga akhir tahun 2021, pencapaian fisik dan serapan anggaran RPTP/RDHP/PEN/Kerjasama telah mencapai hampir 100%. Semua target output setelah penyesuaian pasca refokusing telah terealisasi.

Target IKU varietas berupa 1 VUB kedelai tahan pecah polong biji besar, umur genjah bisa diperoleh 2 VUB yang telah disidangkan pada bulan November 2021 dengan nama Lentera 1 dan Ketara 1. Target 1 Teknologi Budidaya Kedelai DENASA juga telah terealisasi. Target produksi benih sebanyak 40 ton terealisasi sebanyak 40,232 ton.

IKK peneliti dapat tercapai melebihi target. Kegiatan PEN Kedelai bisa diperoleh provitas >3 t/ha di beberapa lokasi. Rangkaian kegiatan GITA juga berjalan sangat sukses dengan puncak acara yang menghadirkan Menteri Pertanian sekaligus meresmikan IP2TP Muneng.

Dari kerjasama internasional IMIN-2 bisa didapatkan manfaat berupa transfer materi genetik dari negara yang tergabung pada kegiatan tersebut, yang dapat menambah koleksi plasma nutfah.

Sebagai penutup, sekali lagi, Titik menyampaikan apresiasi kepada semua pihak yang telah berperan serta pada pencapaian target PK dan IKU Balitkabi Tahun 2021.

Presentasi hasil kegiatan tahun 2021 oleh masing-masing penanggungjawab kegiatan

Presentasi hasil kegiatan tahun 2021 oleh masing-masing penanggungjawab kegiatan

Prestasi yang sangat luar biasa dapat dicapai pada tahun 2021. Tercapainya output kegiatan penelitian/diseminasi meskipun ada refokusing anggaran, Target PK dan IKU Balitkabi yang dapat terealisasi dan ditutup oleh hasil Audit Eksternal SMM ISO 9001:2015 yang tidak ditemukan ketidaksesuaian serta hasil penilaian Pembangunan Zona Integritas dengan nilai sebesar 92,74% tertinggi pada lingkup Puslitbangtan dan urutan kedua untuk lingkup Balitbangtan.

WR/HP/PHP/MSYIB/SM