Berita » Menyiapkan Proposal Riset Litbangjirap

Kinerja riset beserta produk riset dituntut semakin berbobot. Pada tanggal 24 Agustus 2021 yang lalu, Balitbangtan membahas tentang penyiapan proposal penelitian di era litbangjirap (penelitian, pengembangan, pengkajian, dan penerapan). Kepala Subkoordinator Substansi Pelayanan Teknis Balitkabi, Dr. Rudi Iswanto, mengikutinya secara daring.

Tantangan Sisnas IPTEK yang memerlukan sinergi dan kompetisi, sistem perencanaan, dan berbagai program unggulan (Insinas, LPDP/RISPRO, dan sebagainya) menuntut kesiapan peneliti Balitbangtan untuk menyelaraskannya. Pengalaman selama ini, semisal simpulan dan rekomendasi evaluasi RPTP/RDHP reguler 2013-2018, terlihat sebagian besar mutu beserta outputnya masih minim improvement. Demikian juga, pembelajaran dari KP4S (termasuk pendahulunya: KP3T, KKP3N, KKP3SL, dan lain-lain) juga masih minim improvement.

Disampaikan bahwa proposal riset kedepan harus mampu menjawab dan mengakomodir aspek seperti dinamika lingkungan strategik pembangunan pertanian (tantangan dan tuntutan), perubahan paradigma pembangunan, ekosistem baru inovasi dan pertanian modern di era 4.0 menjadi dasar dan pijakan program Balitbangtan ke depan, evaluasi kinerja Balitbangtan dalam konteks perencanaan, pelaksanaan dan output/outcomenya (success story –unsuccess story), sehingga diperlukan re-orientasi kebijakan sistem perencanaan program litbangjirap agar pelaksanaan litbangjirap pertanian lebih efektif menghasilkan outstanding output (unggulan dan lebih bermanfaat) serta diperlukan pendekatan holistik, lintas institusi, lintas disiplin (multi/trans) dan fokus.

Proposal riset hendaknya mengandung lima kata kunci yakni: (1) Keunggulan dan Inovasi (novelty yang bermuara pada invensi), (2) Kolaboratif (dalam hal riset dan pengembangan), (3) Kompetitif, (4) Output dan Outcome (nilai kemanfaatan) terukur, dan (5) Menghasilkan KTI dan publikasi dan karya IPTEK lainnya. Oleh karena itu, proposal harus memenuhi kriteria ketajaman justifikasi dan perumusan masalah, nilai novelty atau kebaruan dan inovasi penelitian, keselarasan judul, tujuan, luaran dan sasaran penelitian, dasar/landasan teori, pengetahuan, desain dan metodologi, serta isi, struktur, format, dan kelengkapan proposal.

RI

prop prop1
Pembahasan proposal riset litbangjirap pertanian, 24 Agustus 2021