Berita » Menyongsong Pekan Kabi Nasional 2020 di Balitkabi

pkn

Komoditas aneka kacang (kedelai, kacang tanah, kacang hijau, kacang komak, koro pedang dsb.) dan aneka umbi (ubi kayu, ubi jalar, porang, talas, gembili dsb.) memiliki berbagai matra keunggulan untuk mendukung program utama Kementerian Pertanian, diantaranya sebagai sumber pangan dan pakan, bahan baku industri pangan dan farmasi, sumber energi, bahkan beberapa komoditas Akabi menjadi penyedia pangan fungsional.

Dalam upaya menyebarluaskan inovasi teknologi komoditas aneka kacang dan umbi, Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian melalui Pusat Penelitian dan Pengembangan Tanaman Pangan akan menyelenggarakan “Pekan Kabi Nasional 2020” bertempat di Balai Penelitian Tanaman Aneka Kacang dan Umbi (Balitkabi) yang direncanakan pada tanggal 14-16 April 2020.

Pekan Kabi Nasional (PKN) diselenggarakan untuk mendiseminasikan teknologi yang telah dihasilkan, berupa komunikasi dengan pihak pemangku kepentingan dan pengguna teknologi. Kegiatan diseminasi dan alih teknologi tersebut, mencakup: (1) peragaan teknologi dan informasi (gelar teknologi), (2) komunikasi tatap muka (temu lapang dan sarasehan), (3) pengembangan informasi (penerbitan publikasi, pencetakan dan penyebarluasan leaflet, brosur, poster), dan (4) memberikan pelayanan jasa dan informasi.

Dengan sasaran pengunjung meliputi: petani, pengambil kebijakan, instansi pemerintah, santri, siswa/siswi, mahasiswa, peneliti, perekayasa, penyuluh, praktisi, penangkar benih, pengusaha pupuk, pestisida dan alsintan, serta masyarakat umum serta akan dimeriahkan dengan pemecahan Rekor MURI “Makan es Krim Ubi Jalar sebanyak 3500 cup”. Agenda PKN 2020 yaitu : Gelar Teknologi, Temu Wicara, Pameran Teknologi, Open House IP2TP Kendalpayak, Lauching Varietas Unggul Baru, Sarasehan, Pembagian Benih Gratis, Lomba Foto On The Spot, Lomba Desain Infografis dan Vlog, Rekor Muri Makan Es Krim Ubi Jalar.

Balitbangtan juga mengharapkan bantuan/kerjasama dari pihak-pihak terkait, seperti swasta/pengusaha yang bergerak di bidang pestisida, benih, dan pupuk, serta pemerintah daerah Provinsi dan Kabupaten/Kota Jawa Timur sebagai sentra tanaman pangan khususnya akabi di Indonesia untuk ikut berpartisipasi dalam PKN 2020. Suksesnya PKN 2020 diharapkan akan menjadi bagian dari kesuksesan implementasi Program Strategis Kementerian Pertanian.

PKN 2020